Sukses

Kapal Pembawa Beras untuk Warga Miskin Kalimantan Tenggelam

Kapal barang itu mengangkut sekitar 62.730 ton beras rastra untuk warga miskin Kalimantan.

Liputan6.com, Kubu Raya - Sebuah kapal barang bermuatan beras rakyat sejahtera (rastra) tenggelam di Sungai Kapuas, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.  Kabid Humas Kepolisian Daerah Kalimantan Barat (Kalbar) Kombes Suhadi SW menerangkan, kapal barang yang tenggelam mengangkut beras rastra untuk warga Kalimantan seberat 62.730 ton.

"Terjadi kecelakaan  air murni sebuah kapal motor Setia Jaya 2 GT109. Nakhoda kapal bernama Syarkawi," kata Suhadi, Kamis 11 Agustus 2016.

Ia menyatakan, kapal barang itu direncanakan menuju Desa Sungai Asam, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu tetapi kerugian ditaksir hingga ratusan juta.

"Korban jiwa nihil. Kerugian material diperkirakan lebih kurang Rp 300.368.000," ujar Suhadi.

Ia menuturkan, insiden bermula setelah kapal berangkat dengan memuat seluruh bawaan. Ketika sampai di sekitar perairan Arang Limbung, Kabupaten Kubu Raya, kapal secara tiba-tiba mengalami kebocoran pada sisi kiri dan kanan haluan depan.

"Nakhoda beserta ABK lalu menepikan kapal dan melakukan usaha untuk menyelamatkan kapal. Dan, muatan tidak dapat diselamatkan," ucap Suhadi.

Suhadi menyatakan, polisi kini sedang menyelidiki kasus tenggelamnya kapal tersebut dan melaksanakan olah tempat kejadian perkara (TKP).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini