Sukses

70 Persen Jemaah Haji Asal Serang Berusia Lebih Setengah Abad

Dari 721 jemaah haji asal Serang, sebanyak 500 orang berusia di atas 50 tahun.

Liputan6.com, Serang - Dari 721 jemaah haji asal Serang, Banten, sebanyak 500 orang berusia di atas 50 tahun. Mereka rawan akan kesehatan tubuh saat menjalankan ibadah haji di bawah cuaca ekstrem.

"Jumlahnya 500 orang mengidap penyakit risiko tinggi dari 721 jemaah karena memang sudah di atas 60an ke atas (umurnya)," kata Mahmudi, Kepala Departemen Agama Kabupaten Serang, Rabu, 10 Agustus 2016.

Guna memudahkan identifikasi oleh petugas haji dan medis, seluruh jemaah yang dianggap rentan mengidap penyakit berbahaya dan berusia renta menggunakan gelang berwarna merah selama menjalankan ibadah haji di Arab Saudi.

"Untuk yang tidak terlalu riskan berwarna kuning. Sementara untuk yang kondisinya fit itu berwarna hijau," kata Mahmudi.

Selain itu, petugas haji Kabupaten Serang juga menyiapkan sebanyak empat tenaga medis yang terdiri dari dua dokter dan dua perawat guna mendampingi para jemaah selama menjalankan ibadah haji.

"Kita juga sudah menyiapkan dua dokter setiap kloter, ditambah dua perawat kesehatan dan pemandu dari daerah," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini