Sukses

Putra Brebes Harumkan Nama Indonesia di Thailand

Indonesia mampu mengalahkan Laos dengan skor 6-3.

Liputan6.com, Brebes - Putra kelahiran Brebes, Jawa Tengah menorehkan prestasi internasional. Dialah Willys Mulyana (18) yang berhasil ikut mengharumkan nama Indonesia di Thailand.  

Warga Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Brebes itu menjadi satu dari 12 pemain tim futsal Indonesia yang berlaga dalam 8th ASEAN School Games yang berlangsung di 700th Sport Complex, Chiang Mai, Thailand pada akhir Juli 2016 lalu.

Anak pasangan Kasir-Turinah ini menjadi delegasi Indonesia dalam kejuaraan antar-pelajar sembilan negara ASEAN, setelah berhasil lolos dalam seleksi di tingkat nasional. Willys terpilih bersama rekan-rekannya di SMA TPK Kota Tangerang.  

"Untuk bisa sampai tampil di luar negeri saja sudah menjadi kebanggaan tersendiri buat saya, apalagi sampai bisa meraih medali, walaupun itu hanya perunggu," kata Willys saat ditemui di tempat latihannya di Brebes, Jateng, beberapa waktu lalu.  

Dalam event tersebut, kata dia, tim Indonesia harus memperebutkan medali perunggu setelah gagal ke final karena kalah dari Malaysia dan Thailand. Namun Indonesia mampu mengalahkan Laos dengan skor 6-3.  

"Prestasi ini merupakan pengalaman yang sangat berharga dan tertinggi selama saya menggeluti olahraga baik sepak bola atau futsal," kata Willys yang berposisi sebagai penjaga gawang itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Bela Brebes

Dunia sepak bola memang sudah menjadi bagian dari hidupnya, lebih dari sekadar hobi. Willys mengawali ilmu sepak bola di SSB Porsegi Grinting dan sempat menjadi juara antar SSB se-Kabupaten Brebes.  

Setelah lulus SMP, Willys melanjutkan sekolahnya ke Tangerang, Banten. Saat itu dia harus pindah lantaran mengikuti orangtuanya yang berbisnis jual beli barang bekas.  

Bakat Willys langsung memikat pengamat sepak bola di sana. Pemuda kelahiran 21 Februari 1998 itu pun sempat berlabuh di klub Persitangsel U-18, kiper Popda Tangsel, dan Villa 2000 U18 pada Liga Nusantara tahun lalu.

Ia mengaku siap untuk membela dan mengharumkan nama Brebes jika memang mendapat kesempatan untuk membela tim lokal Brebes.  

"Untuk di Brebes sendiri saya belum sempat ikut seleksi apapun karena tidak ada pemberitahuan manajemen Persab Brebes. Paling pernah memperkuat tim futsal Brebes di Linus Purwokerto," tutur dia.

Sementara itu, Kepala Desa Grinting Suhartono mengaku bangga dan terharu tunas muda desanya mampu berkiprah dan berprestasi di tingkat internasional.  

"Willys memang punya bakat terpendam sejak kecil. Dengan prestasi dia semoga anak-anak yang lain juga semakin bersemangat mengikuti jejaknya, bahkan bisa lebih tinggi lagi. Apalagi di Grinting masih banyak talenta atlet yang perlu mendapat perhatian," ucap Suhartono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.