Sukses

Berangkat ke Poso, Polisi Makassar Joget India Dulu

Suasana haru dari para anggota keluarga mewarnai upacara pelepasan mereka ke Poso. Para istri polisi menangis melepas suami mereka.

Liputan6.com, Makassar - Polda Sulsel telah melepas 105 personel Brimob Detasemen A yang akan bergabung dalam satuan tugas (Satgas) Tinombala di Kota Poso, Sulawesi Tengah pada Sabtu, 6 Agustus 2016.

Suasana haru dari para anggota keluarga mewarnai upacara pelepasan itu. Para istri polisi menangis melepas suami mereka.

Namun, suasana sedih itu tak berlangsung lama setelah seluruh personel satgas yang akan diberangkatkan sontak berjoget dan menyuarakan yel-yel lucu yang diambil dari lagu soundtrack film India, Dilwale Dulhania Le Jayengge.

(Eka Hakim/Liputan6.com)

Yel-yel itu merupakan sahutan penyemangat yang diciptakan sendiri oleh mereka.

"Yel-yel yang dinyanyikan oleh personel tadi sudah menjadi salah satu penyemangat tim yang akan berperang dalam menumpas para teroris jaringan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT)," kata Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Toto Lisdianto di Makassar, Sulsel, kala itu.

Dia menuturkan, personel yang akan diberangkatkan bergabung dengan satgas Tinombala itu telah dibekali pelatihan rutin sebelumnya. Pelatihan yang ditujukan untuk Brimob Parapare ini disesuaikan dengan medan yang akan dihadapi nantinya.

"Kita pilih medan hutan, sesuai kondisi di Poso. Dari semuanya, ada yang sudah pernah terjun ke medan perang dan ada juga yang belum. Tapi yang junior ini kelebihannya mereka punya semangat dan fisik yang prima, tinggal kemampuan saja yang dipermantap," tutur Toto.

Suasana haru yang sempat mewarnai pelepasan kompi satgas operasi Tinombala tersebut diakui Toto merupakan hal yang manusiawi. Apalagi mereka harus meninggalkan keluarga, seperti istri, anak, dan orangtuanya. Bahkan, ada prajurit yang istrinya dalam kondisi hamil.

"Kami mengerti apa yang dirasakan para prajurit. Namun kami mendoakan, tugas yang diemban mereka dapat berjalan lancar sehingga mereka semua dapat pulang dengan selamat," ucap Toto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini