Sukses

Pemalak Resahkan Pengunjung Pantai di Lampung Timur

Selain pengunjung kawasan wisata pantai itu, warga desa setempat juga pernah dimintai paksa sejumlah uang oleh orang yang tidak dikenal.

Liputan6.com, Lampung - Pantai Kerang Mas dan beberapa kawasan wisata pantai di Desa Muara Gading Mas Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur dikeluhkan pengunjung dan warga setempat. Mereka merasa tak nyaman berwisata di sana lantaran aksi pemalakan dan pemerasan.

Sejumlah orang kerap mendatangi para pengunjung pantai dan warga lalu meminta uang kepada mereka.

"Aksi pemalakan kerap terjadi di Pantai Kerang Mas dan sejumlah wisata pantai lainnya di Desa Muara Gading Mas," kata warga desa setempat, Haryanto seperti dikutip dari Antara, Senin (8/8/2016).

Haryanto mengakui, selain pengunjung kawasan wisata pantai itu, warga desa setempat juga pernah dimintai paksa sejumlah uang oleh orang yang tidak dikenal. Ia sendiri pernah menjadi korban pemalakan itu.

Warga setempat termasuk dirinya terpaksa memberikan sejumlah uang itu karena merasa takut.

"Terpaksa saya berikan, karena saya takut. Mereka meminta uang kepada saya Rp 15 ribu, karena takut jadi saya berikan. Meski saya warga di desa ini, ternyata saya tetap dimintai uang," tutur dia.

Menurut Haryanto, banyak pengunjung lain yang kerap dimintai uang. Bahkan selain uang, terkadang pelaku pemalakan itu juga meminta barang berharga, seperti telepon genggam.

"Kalau bukan uang biasanya mereka minta HP, target korbannya para remaja," ucap dia.

Sebelumnya, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim dan Wakilnya Zaiful Bokhari menyampaikan akan menjadikan sepanjang pantai Lampung Timur menjadi objek wisata.

Salah satu objek wisata pantai di daerah ini yang tengah dikembangkan adalah Pantai Kerang Mas di Kecamatan Labuhan Maringgai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini