Sukses

Taman Pintar Yogya Buka Kelas Simulasi Pemilu

Kelas simulasi pemilu itu sudah dipersiapkan sejak lama.

Liputan6.com, Yogyakarta - Warga Yogyakarta kini dapat belajar di Rumah Pintar Pemilu yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU). Komisioner KPU Sigit Pamungkas mengatakan, KPU DIY menjadi tempat selanjutnya bagi warga sekitar untuk memahami proses tahapan pemilu melalui rumah pintar pemilu.

Ia mengatakan, akan ada 90 rumah pintar pemilu yang tersebar di Indonesia hingga 2017. Kota Yogyakarta menjadi kota ke-50 berdirinya rumah pintar pemilu.

"Penamaannya berbeda-beda. Zona pintar pemilu di Yogya, kalau di Sumatera Rumah Sriwijaya, di Jateng Joglo Pemilu. Zona pintar pemilu ini bisa diprogramkan wisata edukasi yang terintegrasi dengan tempat lain," ujar Sigit saat peresmian Zona Pintar Pemilu di KPU DIY, Kamis 4 Agustus 2016.

Sementara itu, Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan mengatakan, tempat itu terbuka bagi siapa saja yang ingin mengetahui tahapan pemilu. Menurut dia, zona pintar pemilu sudah dipersiapkan cukup lama mulai dari desain dan pernak-pernik di dalamnya.

"Ini program KPU RI di beberapa provinsi dan kabupaten. Zona pintar pemilu bisa melihat ini adalah ruang simulasi yang di-setting seperti TPS," ujar dia.

Hamdan mengatakan berharap masyarakat Yogyakarta dapat mengunjungi tempat belajar pemilu ini. Setelah peresmian, KPU DIY akan mengundang siswa untuk hadir agar mengetahui proses proses pemilu dengan baik.

"Selain melihat prosesi pemilihan suara, juga ada ruang audio visual menjadi rangkaian dari rumah pintar pemilu. Harapannya, warga Yogya yang melek politik dapat memahami proses pemilu," ujar Hamdan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini