Sukses

Begini Cara Calon Selir Pikat Raja-Raja Jawa

Ada yang secara khusus mencari, tapi ada pula yang menemukan selir secara tidak sengaja.

Liputan6.com, Yogyakarta - Selir lazim ditemui dalam kebudayaan raja Jawa. Banyak cara dilakukan para raja untuk memperoleh selir, mulai dari khusus mencari sampai bertemu tidak sengaja.

Sejarawan Universitas Gadjah Mada (UGM) Sri Margana menuturkan penelitian tentang selir Kerajaan Mataram baru dilakukan di Kasunanan Surakarta. Sedangkan dinamika selir di Kasultanan Ngayogyakarta belum pernah diangkat.

Penelitian yang dimaksud merupakan hasil disertasi almarhumah Profesor Darsiti Suratman, menantu tokoh pendidikan Ki Hadjar Dewantara.

"Tetapi kalau melihat polanya, ada kemungkinan cara mendapatkan selirnya serupa," ujar Sri, kepada Liputan6.com, baru-baru ini.

Ia menuturkan fenomena selir muncul seiring dengan kepercayaan masyarakat mengenai pentingnya status bangsawan yang diturunkan lewat darah. Akibatnya, tidak sedikit orangtua pada masa itu yang sengaja mengirimkan anaknya ke istana untuk dijadikan selir raja.

Biasanya penawaran sebagai selir diimplementasikan dengan menjadi penari bedoyo. "Di Surakarta biasanya berasal dari putri abdi dalem yang dikirim ke Keraton," ucap dia.

Menjadi penari bedoyo berarti memiliki kesempatan untuk mempertontonkan aksinya di hadapan para pangeran, bangsawan, serta raja. Kalau raja menghendaki, perempuan itu bisa menjadi priyantun dalem atau kekasih raja.

"Priyantun dalem ini belum jadi selir. Kalau raja suka bisa diangkat jadi selir," tutur Margana.

Menurut dia, banyak pula abdi dalem di pesisir yang sengaja mengirimkan anaknya ke raja untuk dijadikan priyantun dalem. Artinya, tidak harus dinikahi dan apabila menghasilkan keturunan, keluarga berarti memiliki garis darah biru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini