Sukses

Cerita Bocah-Bocah Brebes Berburu Suara Klakson Transjakarta

Bus Transjakarta itu sempat menepi di sebuah bengkel di kawasan Brebes.

Liputan6.com, Brebes - Jam baru menunjukan pukul 10.00 WIB. Suasana jalan pantura Tegal-Brebes lengang. Tiba-tiba suasana berubah menjadi ramai saat sebuah bus bercat merah melintas dari arah Tegal menuju Brebes, Jawa Tengah, pada Minggu, 31 Juli 2016.  

Sekelompok anak-anak yang diperkirakan berusia 12 tahun ke bawah yang berdiri di tepi kiri jalan, tepatnya di Jalan Kaligangsa Wetan, melihat bus merah itu berhenti tak jauh dari tempatnya berkumpul.  

Karena penasaran, mereka mendekati bus besar tersebut. Mereka takjub karena ternyata bus yang berhenti itu adalah bus Transjakarta. Bus Transjakarta tanpa penumpang hanya berisi seorang sopir dan kondektur.

Diketahui sebagai Transjakarta karena di badan bus bagian samping kanan, kiri dan depan terdapat tulisan Transjakarta. Tanpa aba-aba, anak-anak berjumlah lima orang itu langsung mengabadikan bus merah dengan kamera telepon seluler yang dipegangnya.  

Bahkan, dua anak itu di antaranya sempat meminta sang sopir untuk membunyikan klakson bus untuk diabadikan di telepon seluler. "Om tolelet-tolelet, nyalain om klaksonnya saya mau rekam bunyinya," kata seorang anak berbaju hitam itu dari tepi jalan.  

Belum sempat mendengarkan suara klakson, sopir bus Transjakarta itu langsung tancap gas melaju kencang ke arah Jakarta. "Yah busnya malah pergi, belum sempat ngerekam suara klaksonnya malah kabur," ucap bocah berambut cepak dengan raut wajah kecewa.  

Karena kecewa tidak dapat mengabadikan suara klakson bus Transjakarta itu, mereka kembali berdiri di tepi jalan pantura untuk berburu suara klakson bus yang melintas di jalur pantura.

Usut punya usut, bus berpelat nomor B 9082 XBZ  itu berhenti untuk memompa ban bus di sebuah bengkel. Tak sampai sepuluh menit, bus itu kembali melanjutkan perjalanannya dan masuk ke pintu tol Brebes Timur (Brexit).  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bikin Penasaran

Tak hanya sekelompok anak-anak pemburu suara klakson bus yang takjub melihat bus Transjakarta yang lewat di jalur pantura. Sejumlah warga yang saat itu berada di sekitar pintu masuk tol Brexit juga bertanya-tanya kenapa bus transjakarta melintas di jalur pantura.  

"Iya tadi saya heran kok bus Transjakarta lewat depan sini, padahal bus ini kan adanya di Jakarta. Jujur ya bus itu bagus sekali, besar ada papan digitalnya. Saya baru pertama kali lihat bus Transjakarta," kata Johan (28), warga Saditan Brebes.

Saat melihat bus Transjakarta melintas, di dalam benaknya ia ingin mencoba masuk ke dalam bus dan berkeliling Kota Brebes.

"Kalau dilihat sepintas dari luar tadi pun bagus. Seandainya bus seperti itu ada di sini (Brebes), saya ingin coba naik dan muter-muter kota naik bus itu," tutur dia.  

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, bus tanpa penumpang itu pun juga sempat berhenti sejenak di dekat Pos Polisi pintu masuk Brexit. Belum diketahui kenapa bus Transjakarta melintas di jalur pantura Tegal-Brebes.

Namun, jika dilihat dari pelat nomor yang masih berwarna dasar putih dan tulisan huruf dan angka berwarna merah, diperkirakan bus Transjakarta itu baru dan diujicobakan langsung mengaspal di jalan menuju ke Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini