Sukses

Timah Panas Lumpuhkan Maling 17 Mobil Ini

Tersangka telah mencuri mobil di 17 tempat yang tersebar di wilayah Jakarta, Brebes, dan Tegal.

Liputan6.com, Brebes - Aparat Kepolisian Resor Brebes, Jawa Tengah, menangkap seorang pencuri spesialis mobil di 17 tempat yang tersebar di wilayah Jakarta, Brebes, dan Tegal.

"Satu tersangka yang berhasil kami tangkap ini merupakan anggota sindikat pencurian spesialis kendaraan roda empat," ucap Kasatreskrim Polres Brebes AKP Belnas Palipadang saat ekspose kasus pencurian mobil itu di kantornya, Jumat 29 Juli 2016.

Ia menjelaskan, penangkapan pelaku setelah adanya laporan dari korban yang mobilnya dicuri saat diparkir di depan rumah.

"Setelah ada laporan selanjutnya dilakukan pengejaran dan berhasil menangkap seorang pelaku curat (pencurian dengan pemberatan). Sementara dua rekan tersangka masih buron dan masih dilakukan pengejaran," ujar Belnas.

Belnas mengatakan pula, tersangka Pranoto (30) merupakan warga Jalan Balap Sepeda IV, RT 01 RW 06, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Ia ditangkap aparat Resmob Satuan Reskrim Polres Brebes usai mencuri mobil.

Menurut Belnas, tersangka sempat mencoba melarikan diri. Namun berhasil dilumpuhkan setelah petugas menembakkan timah panas ke arah kakinya.

Belnas menyebutkan tempat yang menjadi target sasaran pelaku di antaranya perumahan, tempat peribadatan, dan pusat perbelanjaan.

"Pelaku dalam menjalankan aksinya tidak mengalami kesulitan, makanya kami imbau pemilik mobil agar selalu memasang kunci ganda," ia menambahkan.

Dari penangkapan tersangka, Polres Brebes berhasil menyita barang bukti diduga hasil curian pelaku, yakni Toyota Avanza warna putih bernomor polisi B 1839 ZFL.

Berdasarkan penyidikan dan keterangan dari tersangka yang sudah diamankan di Mapolres Brebes. Belnas mengatakan, para pelaku beraksi di wilayah Kabupaten Brebes, Tegal, dan Jakarta.

Di wilayah Brebes, komplotan ini membawa kabur tujuh mobil. Sementara di Kabupaten Tegal, mereka mencuri sebuah mobil. Sedangkan sembilan mobil dicuri di wilayah Jakarta.

Seiauh ini, penyidik Polres Brebes masih mengembangkan kasus. Terutama untuk mengungkap tuntas kasus pencurian mobil dan mengejar dua anggota sindikat lainnya.  

"Dua orang lainnya yang terlibat masih kami kejar," Belnas membeberkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Sampai 10 Menit

Berdasarkan informasi yang diperoleh Liputan6.com, saat menjalankan aksi pencurian, pelaku selalu bersama dua rekannya, Bambang alias Pirang (37) dan Imin (28). Kedua warga Indramayu, Jawa Barat itu kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Brebes.

Adapun saat beraksi mereka selalu menggunakan sebuah mobil rental Toyota Avanza untuk hunting dan pengintaian kepada target sasarannya.

Komplotan ini selalu berpindah-pindah setelah mendapat kan barang hasil curianya. Saat terjadi penangkapan, pelaku baru saja melakukan aksi pencuriannya di Jalan Malahayu, Perumahan Kaligangsa Wetan, Brebes.

Selain itu, komplotan pencuri spesialis mobil ini saat beraksi cukup lihai dan tenang. Setelah menemukan target sasaran, mereka memarkirkan kendaraan di dekat mobil calon korban.  Selanjutnya, mereka membagi tugas masing-masing yang sudah disepakati.

Pranoto bertugas sebagai sopir yang tetap terjaga di dalam mobil dalam keadaan menyala. Sedangkan dua rekannya, Bambang dan Imin, turun dari mobil. Imin kemudian berjalan mendekati mobil milik calon korban.

Dengan berbekal bor mini dan kunci T, tak sampai 10 menit, komplotan spesialis pencuri mobil ini dapat menghidupkan mesin dan membawa kabur kendaraan curian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini