Sukses

Lepas Ventilator, Bocah Obesitas Palembang Pesan Pindang Patin

Meski nafsu makan membaik, Rizki dilarang memakan daging sementara waktu.

Liputan6.com, Palembang - Kondisi Rizki Rahmat Ramadhan, bocah obesitas Palembang, Sumatera Selatan, kini berangsur membaik. Setelah selang ventilator dan makanan dilepas, bocah berusia 10 tahun ini bisa mengonsumsi berbagai macam makanan.

Saat pertama kali mendapat asupan bubur nasi, anak bungsu dari tujuh bersaudara ini langsung meminta salah satu makanan favoritnya, yaitu pindang ikan patin. Karena nutrisinya bagus untuk bocah obesitas tersebut, permintaan itu langsung disediakan pihak Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang.

"Sudah makan nasi lembut, lauknya pindang ikan patin, tahu bacem dan sayur. Dia sudah nafsu makan. Kalau nasinya hanya tujuh sendok, tapi pindang patinnya langsung habis. Karena dia memang doyan makan pindang ikan patin, itu permintaannya juga," ucap Salia (40), ibu Rizki, saat ditemui Liputan6.com di luar ruang ICU RSMH Palembang, Rabu (27/7/2016).

Pihak RSMH Palembang juga sudah memberikan konseling kepada keluarga pasien tentang apa saja nutrisi yang baik untuk membantu program penurunan berat badan Rizki. Beberapa jenis buah diwajibkan untuk asupan nutrisi Rizki, seperti buah pir, jeruk, apel dan pepaya.

Sedangkan, makanan yang dilarang untuk dikonsumsi Rizki di antaranya mi instan, makanan siap saji, dan olahan makanan berminyak.

Meskipun masih mendapatkan perawatan dan pengawasan khusus di ruang ICU, Rizki sudah mau makan tiga kali sehari. Tim dokter juga memantau Rizki selama 24 jam setiap hari. Jika kondisinya semakin menunjukkan kemajuan, kemungkinan pada 3-4 hari mendatang siswa kelas 6 SDN 43 Palembang  akan dipindahkan ke ruang pasien di Paviliun Musi Elok RSMH Palembang.

Rizki juga sudah bisa berbicara lancar. Bahkan, seringkali Rizki meminta ke dokter agar segera dipindahkan ke ruang pasien.

"Kalau buah, yang banyak seratnya, konsumsi daging dihentikan dulu sementara waktu. Mungkin boleh dalam jangka seminggu sekali. Nanti saya juga akan mengontrol pola makan seluruh keluarga di rumah," ujar Salia atau akrab disapa Lia.

Lia juga akan mengontrol isi kulkas di rumah dan lebih fokus memasok makanan yang bergizi supaya tidak memancing Rizki Rahmat Ramadhan untuk banyak mengonsumsi makanan berlemak. Bobot Rizki saat ini sudah berkurang dilihat dari bentuk badannya sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.