Sukses

Imigrasi Awasi Pekerja Asal Tiongkok di Madiun

Warga Negara Tiongkok seringkali bekerja menggunakan visa turis.

Liputan6.com, Madiun - Kantor Imigrasi Kelas II Madiun, Jawa Timur, mewaspadai kemungkinan keberadaan pekerja asing Tiongkok di wilayah hukum kerjanya karena mereka dinilai rawan melanggar izin tinggal.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Madiun, Sigit Roesdianto, mengatakan mereka memantau sejumlah aktivitas pembangunan proyek nasional di wilayah Madiun dan sekitarnya. Salah satunya pembangunan proyek nasional Jalan Tol Mantingan-Kertosono.

"Kami terus melakukan pemantauan meski sejauh ini belum ditemukan keberadaan pekerja ilegal asal Tiongkok," ujar Roesdianto, dilansir Antara, Senin, 25 Juli 2016.

Menurut dia, pemantauan tersebut penting dilakukan menyusul banyak kasus pelanggaran peraturan keimigrasian oleh warga negara Tiongkok di Indonesia.

Apalagi, terdapat informasi jika proyek nasional jalan tol itu menjalin kerja sama dengan Negeri Tirai Bambu itu.

"Biasanya, para pekerja asing asal Tiongkok bekerja dengan menggunakan visa turis. Hal itu jelas menyalahi aturan jika digunakan untuk bekerja di perusahaan milik perseorangan ataupun berdagang," kata dia.

Pemantauan tidak hanya dilakukan di proyek pembangunan Jalan Tol Mantingan-Kertosono, tapi juga di sejumlah perumahan. Meski sulit mencari WN Tiongkok yang tinggal mengontrak di rumah warga, pihaknya tetap berupaya mencarinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini