Sukses

Setelah Jokowi, Bupati Dedi Terima Penghargaan Ini

Terapkan nilai-nilai leluhur Sunda, Bupati Dedi raih penghargaan serupa yang diraih Jokowi.

Liputan6.com, Purwakarta - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mendapat penghargaan sebagai Pemimpin Teladan Demokrasi dari Sukarno Center. Penghargaan diberikan di Istana Mancawarna Tampaksiring, Gianyar, Bali, Jumat (22/7/2016).

Penghargaan diberikan oleh Dewan Pembina The Sukarno Center, Sukmawati Soekarnoputri. Penghargaan ini baru dua kali diberikan, pertama pada Presiden Joko Widodo saat menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Presiden The Soekarno Center yang juga Anggota Dewan Perwakilan Daerah  Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna juga menyerahkan tongkat Dwi Ananta. Shri I Gusti Ngurah Arya mengatakan dari ratusan kabupaten di Pulau Jawa, Dedi hadir sebagai sosok yang berbeda, berani kontroversi demi membela nama leluhur.

"Kami mempersembahkan penghargaan bidang budaya, perlindungan hak minoritas, terhadap masyarakat adat, masyarakat agama lokal dan untuk tetap menjaga kebhinekaan melalui pembangunan dengan semangat nilai-nilai budaya leluhur di alam demokrasi," kata Shri I Gusti Ngurah Arya.

Dia mengatakan, sebagai warga Bali, meyakini bahwa tanah Jawa dan Pasundan bersaudara ibarat anak dan orang tua. Sehingga, keduanya akan selalu menjaga tanah leluhur. Ia juga mengaku takjub mendengar kabar Dedi membangun patung pewayangan, tokoh Sunda, hingga tokoh bangsa namun ditentang dan diprotes banyak pihak.

"Saya banyak terinspirasi oleh kang Dedi karena konsisten membangun daerahnya dengan nilai-nilai Sunda dalam alam demokrasi Indonesia. Kehadiran kang Dedi sebagai tokoh bangsa, tokoh Jawa Barat agar beri teladan untuk maju bergerak dalam gerbong nasionalisme, gerbong revolusioner," ujarnya.

Sukmawati Soekarnoputri menambahkan apa yang dikatakan Dedi yang menyebut nilai-nilai leluhur ke-Sundaan sebagai dasar dalam membangun, merupakan bagian penting kebhinekaan.

"Apa yang dikatakan kang Dedi betul sekali, beliau sangat menghayati dan mendalami betul serta amalkan seorang kader Pancasilais," ujar putri proklamator Indonesia, Soekarno.

Dedi mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan, oleh masyarakat Bali. Penghargaan tersebut akan jadi motivasi dalam membangun dengan falsafah nilai-nilai budaya Sunda.

 "Terima kasih atas ini, yang merupakan bagian dari menghormati leluhur kami dalam kelola sistem pembangunan dengan sistem demokrasi," ujar Dedi

Nilai-nilai leluhur sebagai spirit membangun Purwakarta kata dia, akan jadi spirit fundamental masyarakat. "Untuk kembali pada Tuhan, kepada alam, leluhur yang lahirkan kemakmuran," ujar Dedi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.