Sukses

Remaja 17 Tahun 'Tersandera' Gizi Buruk

Ketika tamat sekolah dasar (SD), tiba-tiba kondisi tubuhnya menurun.

Liputan6.com, Makassar - Hasrullah, remaja usia 17 tahun warga Bontobaddo, RT 003/RW 001 Desa Tindang, Kecamatan Bontonompo Selatan, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dirawat di Rumah Sakit Labuang Baji Makassar karena kondisinya yang sangat lemah. Ia divonis menderita gizi buruk.

Nurareni, ibu kandung Hasrullah mengungkapkan, pada awalnya anaknya hidup normal sama seperti anak-anak lain. Namun ketika tamat sekolah dasar (SD), tiba-tiba kondisi tubuhnya menurun.

Dia melanjutkan, Hasrullah yang hanya memiliki berat 30 kg kala itu mulai sering demam dan lama-lama tubuhnya mengecil. "Obat dari puskesmas hanya bisa meredakan demam hanya sesaat, kemudian muncul lagi," kata Nuraeni kepada Liputan6.com saat ditemui di RS Labuang Baji Makassar, Kamis 21 Juli 2016.

(Eka Hakim/Liputan6.com)

Karena kondisi tubuhnya makin memburuk, Hasrullah mengurungkan niatnya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP. Apalagi dia juga harus dipapah ketika hendak bergerak.

"Dia sudah mendaftar masuk SMP dan dinyatakan lolos tapi karena kondisi badannya yang sangat kurus dan sulit jalan, ia lalu malu dan minder untuk melanjutkan sekolah," ungkap Nuraeni.

Selama itu Hasrullah hanya bisa terbaring di ranjang tidur rumahnya. Sang bunda selalu membantu aktivitas sehari-harinya, seperti mandi. Sementara bapaknya, Arsyad Nambung setiap hari bekerja menggarap sawah orang dan nanti balik ke rumah usai maghrib.

"Karena kondisinya yang semakin lemah, kemarin saya membawa ke RS Labuang Baji yang ada di Kota Makassar dengan bermodalkan Kartu Indonesia Sehat (KIS)," tutur dia.

"Hasrullah saat ini dirawat di kamar Bajiminasa E6 Lantai 2 RS. Labuang Baji Makassar," ucap Nuraeni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.