Sukses

Sempat Hilang, 2 Pendaki Gunung Slamet Ditemukan Selamat

Kedua pendaki Gunung Slamet yang tersesat mengaku bingung arah pulang karena diselimuti kabut.

Liputan6.com, Cilacap - Dua pendaki yang dilaporkan tersesat di Gunung Slamet, Jawa Tengah, telah ditemukan dalam kondisi selamat.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, Riza (16) dan Anwar (17) ditemukan oleh salah seorang petugas Dinas Pariwisata Kabupaten Tegal di jalur pendakian Guci pada pukul 11.00 WIB," kata Koordinator Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos SAR Cilacap, Mulwahyono, dilansir Antara, Senin (18/7/2016).

Menurut dia, petugas Dinas Pariwisata tersebut berpapasan dengan kedua pendaki saat keduanya sedang turun dari Gunung Slamet dalam kondisi sangat lemah.

"Kedua pendaki tersebut ditemukan di antara perkebunan teh dan hutan dengan jarak dari pos pendakian Guci sekitar 2 kilometer," tutur Mulwahyono.

Dia melanjutkan, Riza dan Anwar selanjutnya dibawa ke Puskesmas Bumijawa, Kabupaten Tegal, untuk pemeriksaan lebih lanjut karena mereka mengalami hipotermia. Berdasarkan keterangan para pendaki itu, keduanya hampir sampai di puncak Gunung Slamet.

"Tepatnya di batas vegetasi. Korban bingung untuk arah pulang karena terhalang kabut sehingga tidak tahu arah. Mereka akhirnya turun lewat jalur pendakian Guci," ucap Mulwahyono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.