Sukses

Sayur Favorit Arya Si Bocah Obesitas Selama Dirawat

Arya selalu menghabiskan makanan favoritnya selama dirawat di RSHS Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyediakan menu khusus untuk Arya Permana, bocah 10 tahun asal Karawang, Jawa Barat, yang menderita obesitas.

Menu khusus ini diracik oleh para chef instalasi gizi rumah sakit rujukan se-Jawa Barat ini. Daftar menunya beragam, antara lain nasi putih setengah mangkok, telur rebus, tahu, tempe, agar-agar, teh manis, apel dan jeruk sampai sayuran kaya serat.

Untuk sayuran berserat, terdapat sajian terfavorit pilihan langsung bocah yang harus menurunkan berat badannya secara drastis ini.

Kepala Instalasi Gizi RSHS Bandung, Asep Ahmad Munawar mengatakan sajian menu makanan pilihan Arya, yaitu sayur asem yang selalu dilahap sampai habis.

"Kita coba tanya dulu ke Arya makannya mau sama apa. Lalu ditawarkan beberapa menu, salah satunya sayur asem. Dan ternyata anak ini menyukainya. Itu terlihat sejak awal kedatangan di rumah sakit sampai dengan hari ini, sayur asem ini selalu habis dimakan," ujar dia di Bandung, Jumat (15/7/2016).

Kepala Instalasi Gizi RSHS Bandung Asep Ahmad Munawar mengaku senang dengan minat bocah obesitas ini terhadap menu makanan yang disediakan pihak rumah sakit. Ini menjadi  pertanda program diet ketat yang dijalani Arya akan berhasil.

Asep menjelaskan selain sajian sayur asem, makanan yang selalu habis dilahap oleh Arya Permana yaitu sayur bening. Namun, kata dia, hingga kini Arya masih belum bisa meninggalkan makanan yang dimasak dengan cara digoreng.

"Seharusnya sih makanan yang digoreng ini tidak disajikan dalam program diet Arya. Tapi diakali cara menggoreng nya dengan minyak tak jenuh ganda, seperti minyak jagung kita tetap sajikan. Kan kebiasaan makan seseorang tidak dapat mudah diubah. Secara bertahaplah, pelan-pelan," jelas Asep.

Asupan Nasi Merah

Kemarin, Arya Pernama dikabarkan menghabiskan seluruh menu yang disajikan pihak rumah sakit. Menunya hampir serupa, tapi terdapat beberapa menu modifikasi untuk jadwal makan siang harinya.

Salah satunya adalah nasi putih dengan takaran rumah tangga sebanyak semangkok sedang, diganti dengan nasi merah. Tetapi, Arya tidak protes dan melahap habis.

"Untuk makan siang menghabiskan nasi merah, ayam goreng, tahu goreng, sayur bening bayam, buah jeruk," jelas Asep.

Sementara untuk menu makan malam, bocah asal Karawang ini menghabiskan nasi merah, telur dadar, tempe goreng, sayuran, apel dan segelas susu rendah lemak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini