Sukses

Banyak Tiang Listrik Tumbang Tertiup Puting Beliung di Langkat

Puting beliung di Langkat terjadi pada Selasa malam sekitar pukul 22.30 WIB.

Liputan6.com, Langkat - Angin puting beliung yang datang secara tiba-tiba pada Selasa malam, 12 Juli 2016 sekitar pukul 22.30 WIB merusak 124 rumah warga yang ada di Desa Tanjung Jati, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

"Ini berdasarkan pendataan sementara yang dilakukan oleh pihak desa dan dusun yang ada di Desa Tanjung Jati Kecamatan Binjai Langkat," kata koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kantor Sosial Langkat Akhyar, seperti dilansir Antara, Rabu pagi (13/7/2016).

Dari 124 rumah yang rusak akibat bencana angin puting beliung itu, belum diketahui pasti berapa bangunan yang mengalami rusak berat, sedang, dan ringan. Karena masih didata petugas, baik dari Kecamatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), maupun dari Kantor Dinas Sosial.

Selain merusak rumah warga, angin puting beliung malam itu juga menumbangkan puluhan pohon yang ada di badan jalan maupun juga di rumah-rumah penduduk.

Tiang-tiang listrik juga bertumbangan karena diterpa angin puting beliung. Masyarakat sedang berusaha untuk menghubungi PLN untuk segera memperbaiki jaringan listrik.

Camat Kecamatan Binjai Langkat Mahardika yang dihubungi membenarkan tentang bencana angin puting beliung yang melanda daerahnya.

"Petugas kita sedang melakukan pendataan di lapangan. Berdasarkan laporan yang kita terima sementara ini terdapat 124 rumah warga yang rusak dilanda angin puting beliung itu," tutur Mahardika.

Pihaknya juga masih menunggu laporan anggota di lapangan menyangkut kerugian pada peristiwa itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.