Sukses

Gunung Bromo Keluarkan Abu, Bandara di Malang Tutup

Abu dari Gunung Bromo dirasakan hingga pada ketinggian 10 ribu kaki dan dinilai sudah membahayakan penerbangan.

Liputan6.com, Malang - Penerbangan komersial melalui Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, ditutup sejak pukul 11.00 WIB. Hal ini lantaran abu vulkanik dari aktivitas Gunung Bromo.

"Akibat abu erupsi Bromo," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Bandara Abdulrachman Saleh Malang, Suhirno, saat dikonfirmasi di Malang, Jatim, Senin (11/7/2016).

"Kemungkinan baru akan dibuka lagi untuk penerbangan besok pagi pukul 09.00 WIB. Tapi tetap tergantung cuaca esok hari," ujar dia.
 
Menurut Suhirno, abu Bromo dirasakan hingga pada ketinggian 10 ribu kaki dan dinilai sudah membahayakan penerbangan.

Dia mengatakan, hari ini ada 10 jadwal penerbangan di bandara. Sebelum bandara ditutup, tadi pagi sudah ada tiga pesawat yang berhasil berangkat. Sementara, satu pesawat gagal terbang dan enam maskapai ditunda jadwal penerbangannya.

"Penumpang ada yang dialihkan terbang melalui Bandara Juanda Surabaya, tapi terpaksa ada yang gagal terbang karena pesawat di-cancel," ucap Suhirno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.