Sukses

3 Objek Wisata Favorit Bengkulu Kebanjiran Pengunjung

Meski ada penurunan dibanding tahun lalu, tiga objek wisata di Bengkulu ini masih jadi tujuan wisatawan.

Liputan6.com, Bengkulu - Tiga objek wisata yakni Pantai Panjang, rumah pengasingan Bung Karno, dan Benteng Marlborough menjadi favorit dengan jumlah pengunjung terbanyak selama libur Lebaran 2016.

"Tiga objek wisata ini masih favorit dan lokasinya juga berdekatan jadi satu paket," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kota Bengkulu, Toni Elfian di Bengkulu, dilansir Antara, Jumat 8 Juli 2016.

Pantauan di kawasan wisata Pantai Panjang, pengunjung mulai memenuhi kawasan pantai yang memanjang hingga tujuh kilometer di pesisir Kota Bengkulu tersebut sejak H+2 Lebaran.

Para pengunjung sebagian besar berasal dari kabupaten di wilayah Provinsi Bengkulu serta kabupaten provinsi tetangga seperti Musirawas dan Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

Selain menghabiskan waktu dengan bercengkerama dan menikmati berbagai hidangan yang dibawa dari rumah masing-masing, sebagian pengunjung juga menikmati wahana air di Pantai Jakat.

Sementara di Benteng Marlborough, jumlah pengunjung terus bertambah hingga sebanyak 1.500 orang pada H+2 Lebaran. Juru pelihara cagar budaya tersebut, Ricky, mengatakan meski jumlah pengunjung meningkat signifikan, namun terjadi penurunan dibanding libur Lebaran pada 2015.

Juru pelihara Rumah Bung Karno, Sugrahanuddin juga menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan domestik ke rumah bersejarah itu mengalami penurunan dibanding libur Lebaran pada tahun lalu.

Menurut Sugrahanuddin, penurunan jumlah pengunjung tersebut disebabkan beroperasinya sejumlah wahana baru seperti Wahana Surya dan Wahana Family.

"Selain itu angkutan masyarakat yang tidak diperbolehkan menggunakan mobil bak terbuka juga membuat jumlah kunjungan menurun," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini