Sukses

Daftar Ruas Jalan Yogyakarta yang Rawan Macet Saat Lebaran

Kemacetan di beberapa ruas jalan Daerah Istimewa Yogyakarta karena jadi jalur ke lokasi wisata atau jalur arus lebaran.

Liputan6.com, Yogyakarta - Puluhan ruas jalan di Daerah Istimewa Yogyakarta berpotensi mengalami kemacetan seiring dengan momen Lebaran tahun ini. Jalan-jalan di Yogyakarta itu jadi jalur favorit karena merupakan akses strategis.

Kapolda DIY Brigjen Pol Prasta Wahyu Hidayat mengatakan peningkatan aktivitas masyarakat untuk merayakan Idul Fitri berimplikasi pada meningkatnya mobilitas perpindahan orang dan barang dari satu tempat ke tempat lainnya.

"Ini menyebabkan masalah bagi situasi lalu lintas dan kondisi ini tidak bisa dihindari," ujar Prasta di Yogyakarta, Minggu (3/7/2016).

Menurutnya, kemacetan jalan juga didukung oleh kondisi jalan yang menyempit, tanjakan dan tikungan yang tajam, pertemuan arus lalu lintas dua arah, perbaikan jalan dan jembatan yang belum selesai.

Selain itu juga karena perlintasan kereta api, pasar tumpah, pengguna jalan yang kurang disiplin, kepadatan kendaraan di jalan utama dan alternatif, kepadatan kendaraan menuju lokasi wisata, serta kepadatan kendaraan di stasiun kereta api, terminal bus, dan bandara.

Untuk menghadapi kemacetan, Prasta meminta pemudik mempersiapkan kelengkapan kendaraannya sekaligus menjaga kondisi tubuh masing-masing, terutama pengemudi kendaraan sehingga bisa sampai dan kembali ke tempat tujuan dengan selamat.

Ia menyebutkan ruas jalan yang rawan kemacetan di DIY, terbanyak di Kota Yogyakarta, yakni di Jalan Magelang, Brigjen Katamso, Malioboro, Ahmad Yani, Urip Sumoharjo, AM Sangaji, Tentara Pelajar, Mataram, Diponegoro, simpang gardu Anim, dan Jembatan Kewek.

Adapun di Sleman di simpang empat Jombor, Demak Ijo, Pel Gurih, Jalan Kaliurang-Pos UGM, Jalan Solo-Prambanan, ring road utara, pertigaan gamping, simpang empat Denggung, boulevard UGM, Demangan Gejayan, dan setiap perempatan traffic light.

Di Bantul, kemacetan berpotensi di pertigaan Kretek, pertigaan Piyungan-Pathuk, Jalan Godean Km.13, Jalan Parangtritis, Srandakan, simpang empat Palbapang, Jalan Imogiri Barat dan Imogiri Timur. Kemacetan di Kulonprogo di pertigaan Congot, Demen, Toyan, SPBU Wates, terminal Wates, Karangmojo, dan Ngeplang Sentolo.

Di Gunungkidul potensi macet di pertigaan Baron, Pathuk, simpang tiga Sambipitu, arah Goa Pindul, dan Pantai Indrayanti. Dari daftar ini terlihat macet merata di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini