Sukses

Buruan, Tiket Kereta Lebaran Tujuan Kota Ini Masih Tersedia

Setiap hari selalu ada tiket kereta api Lebaran yang dibatalkan dan nantinya akan dijual kembali ke masyarakat.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tiket kereta api memang sudah habis dipesan sejak 90 hari sebelumnya. Namun PT KAI meminta masyarakat tidak putus asa mencari tiket kereta api.

Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional VI Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan masih ada tiket yang tersedia untuk Lebaran dan arus baliknya. Tiket itu berasal dari tiket yang dibatalkan calon penumpang. Setiap hari selalu ada tiket yang dibatalkan dan nantinya akan dijual kembali ke masyarakat.

"Tapi ada sesuatu hal tiket yang sudah dipesan ini dibatalkan jadi bisa dijual. Akan kami share ke masyarakat. Tiket-tiket yang dibatalkan dijual lagi tanpa calo," ucap Eko di Yogyakarta, Minggu (3/7/2016).

Eko menjelaskan, pembatalan tiket ini dari berbagai kelas, baik eksekutif, bisnis maupun ekonomi dan berbagai jurusan. Tiket ini hanya dominan tujuan Yogyakarta menuju Jakarta baik menjelang Lebaran maupun H+10 Lebaran. Setiap harinya pembatalan tiket mencapai 80 tiket.

Suasana arus mudik di Stasiun Kereta Api Yogyakarta. (Liputan6.com/Fathi Mahmud)

"Untuk pembatalan memang kita buat sesulit mungkin untuk menghindari calo. Pembatalan di wilayah Daop VI sekitar 80. Ya, memang tidak banyak, tapi bisa obati kekecewaan saudara kita yang tidak bisa berangkat," ujar Eko.

Eko mengatakan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan tiket tersebut bisa mengecek di stasiun, gerai, kantor pos, agen maupun pegadaian. Selain itu bisa menghubungi Call Center 121. Namun ini tidak berlaku bagi tiket KA Lokal seperti Prameks.

"Ini dijual secara online," kata dia.

Selain itu Eko mengatakan jika di KAI ada diskon tiket promo Idul Fitri. Diskon tiket ini untuk semua kelas. Seperti KA Taksaka yang biasanya dijual mencapai Rp 350 ribu, maka dengan diskon maka dijual Rp 150 ribu.

Diskon ini bertujuan supaya para pemudik dapat menikmati kereta api jarak jauh dan KA eksekutif. "Ini selama tersedia ya. Untuk semua kelas," ujar Eko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.