Sukses

Waspada, Simpang Tiga Gamping Yogya Rawan Penerobos Lampu Merah

Simpang Tiga Gamping merupakan pintu masuk utama pemudik yang datang dari arah Jakarta dan Bandung.

Liputan6.com, Yogyakarta - Puncak arus mudik yang memasuki Kota Yogyakarta melalui jalur darat diperkirakan terjadi mulai malam nanti hingga Minggu besok, 3 Juli 2016. Pintu masuk utama pemudik adalah simpang tiga Ringroad Gamping, khususnya yang berasal dari arah barat.

Kapospam Arus Mudik Gamping, Tukiman mengimbau para pengendara untuk berhati-hati dengan ulah pengendara yang menerobos lampu merah dari arah barat. Sebab, beberapa kali hampir terjadi kecelakaan akibat ulah tak bertanggung jawab itu.

"Yang perlu diwaspadai utamanya adalah yang ngeblong traffic dari barat. Kebanyakan nyundul dari arah barat sehingga perlu diwaspadai. Tadi malam hampir terjadi kecelakaan karena nyundul ini. Di depan pos ini," ujar Tukiman, Sabtu (2/7/2016).

Tukiman mengatakan, sejak kemarin sudah terlihat kendaraan pemudik dari Jakarta dan Bandung memasuki Kota Yogya meski belum signifikan. Sementara, pemudik yang dari arah barat masih didominasi kendaraan roda empat.

"Sesuai prediksi, peak-nya antara jam 8 malam sampai jam 01.00 WIB. Prediksi hari ini dan besok adalah puncak arus mudik kendaraan yang melintas di simpang tiga Gamping," ujar Tukiman.

Demi kelancaran arus lalu lintas di simpang Tiga Ringroad Gamping, Pospam Gamping melakukan beberapa langkah. Pertama, memindahkan area Pospam yang awalnya di depan Pasar Gamping ke persimpangan tiga ringroad Gamping. Kedua, petugas terus memantau penggal jalan di depan pasar Gamping. Jika arus padat, penggalan jalan itu ditutup menggunakan water barrier demi kelancaran arus.

Selain itu, jika melihat adanya kepadatan, akan dilakukan pengaturan manual di simpang tiga Gamping. "Saat ini, di depan Pasar Gamping akan ditutup dengan water barier demi kelancaran arus lalu lintas," ujar Tukiman.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, arus lalu lintas di simpang tiga Gamping memang lebih ramai dari arah barat yang didominasi kendaraan roda empat. Namun begitu, tidak terjadi kepadatan arus lau lintas.

Sementara, arus lalu lintas dari timur atau dari dalam kota arah keluar terpantau lancar. Hal yang sama terjadi di sebelah selatan dari arah ringroad selatan masih lancar. Diprediksi malam nanti, arus lalu lintas di Simpang Tiga Gamping akan padat mulai pukul 20.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini