Sukses

Solusi Instan Ridwan Kamil bagi PKL Bandung

Wali Kota Ridwan Kamil meninjau langsung kondisi kawasan Jalan Dalem Kaum dan sekitarnya pascapenyerangan sejumlah PKL ke Posko Satpol PP.

Liputan6.com, Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meninjau langsung kondisi kawasan Jalan Dalem Kaum dan sekitarnya pascapenyerangan sejumlah pedagang kaki lima (PKL) ke Posko Satpol PP, Jumat 1 Juni 2016. Dia menegaskan, tidak ada larangan berdagang selama menempati area yang telah ditentukan Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, pihaknya telah memberikan solusi dan fasilitas tempat berdagang kepada PKL. Dia berharap para pedagang bisa mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

"Silakan berdagang di Kota Bandung, tidak ada masalah apalagi mau Lebaran ramai, tapi jangan berdagang di lokasi yang sudah diputuskan terlarang. Kan sudah dikasih solusi di basement alun-alun di Jalan Kebumen, ada masuk ke gang yang ke arah makam, manfaatkan saja itu. Dan saya kira bisa menyesuaikan, kalau itu diikuti Insya Allah enggak ada masalah," ucap Emil usai memantau di lokasi, Sabtu (2/7/2016).

Emil mengatakan pihak kepolisian saat ini tengah mencari pelaku perusakan fasilitas umum saat kericuhan PKL di sekitar kawasan Jalan Dalem Kaum, kemarin. Kawasan tersebut pun akan dilakukan penjagaan sampai Hari Lebaran tiba.

"Penjagaan gabungan sampai lebaran itu mah siapa saja yang ingin menjaga kondusivitas Kota Bandung tentunya kita perbantukan secukupnya, sampai polisi akan mencari siapa yang merusak sarana prasarana kota. Mereka menyangka dengan anarkis seolah-olah bebas berjualan, kan enggak. Buktinya Alun-alun setahun bisa, yang dulunya riweuh jadi bersih, menyesuaikan," Emil menjelaskan.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meninjau langsung kondisi kawasan Jalan Dalem Kaum dan sekitarnya pascakericuhan PKL. (Liputan6.com/Aditya Prakasa)

Gratiskan Parkir

Saat meninjau, Emil pun mendapati kondisi jalan yang kurang bersih di kawasan berdagang para PKL. Dia menugaskan dinas terkait untuk bertugas setiap hari untuk menjaga kebersihan.

"Tadi juga saya lihat situasi kurang bersih, sehingga saya tugaskan PD Kebersihan, khusus untuk Jalan Dalem Kaum, piketnya jangan pakai shif tapi tiap jam saja putar bolak-balik kayak setrikaan," kata Emil.

Selain itu, Emil pun mendapati juru parkir (jukir) yang menarik tarif parkir tidak sesuai dengan peraturan Pemerintah Kota Bandung. Khusus untuk hari ini, dia pun menggratiskan tarif parkir kepada masyarakat yang mengunjungi kawasan Jalan Dalem Kaum.

"Saya tertibkan juga tadi jukir, jadi hari ini parkir digratiskan sebagai teguran kepada jukir yang meminta parkirnya Rp 5.000 melebihi dari perda. Itu jukir legal, tapi selalu minta di depan Rp 5.000. Itu hal-hal yang kita tertibkan, ini pesan supaya Bandung menjelang Lebaran ini tertib, yang belanja juga nyaman, aman, bersih," Ridwan Kamil menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini