Sukses

Aksi Timses Risma Bagikan Zakat Rp 60 Juta Langsung ke Warga

Jumlah warga penerima zakat mencapai 3.000 orang.

Liputan6.com, Surabaya - Meski badan pengelola zakat profesional bermunculan, hal itu tidak menggoyahkan Mochamad Mochtar untuk membagikan zakat langsung pada warga. Tokoh Madura yang menjadi Ketua Relawan Tim Sukses (Timses) Pemenangan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini itu mengeluarkan Rp 60 juta untuk dibagikan kepada warga.

Tiga hari sebelum pembagian, panitia membagikan kupon kepada 3.000 warga yang di antaranya tinggal di Bulak Banteng, Bandar Rejo, dan Kedinding. Tepat pada Kamis, 30 Juni 2016, pemilik kupon datang mengantre ke rumah Mochtar di kawasan Bulak Banteng Kidul, Surabaya Utara, Jawa Timur.

Antrean sudah dimulai sejak pukul 13.00 WIB. Mereka berbaris satu lajur memanjang di Jalan Dukuh Bulak Banteng, Surabaya. Meski begitu, tidak ada kericuhan dalam pembagian zakat maal yang berlangsung hingga lepas Ashar.

Anak pertama Mochtar, Citra Oktavia Mochtar menyampaikan pembagian zakat maal secara langsung itu dilakukan sebagai wujud syukur atas kesehatan yang diberikan pada ayahnya.

"Terlepas masalah politik pembagian zakat maal ini kami lakukan tanpa mengundang pejabat yang pernah bekerja sama dengan ayah," kata Citra saat ditemui di rumahnya, Jumat, 1 Juli 2016.

Kegiatan bagi zakat maal itu, menurut H Muarif, warga sekitar Bulak Banteng Kidul, sudah dirintis orangtua Mochamad Mochtar.

"Saat itu sekitaran tahun 1992, orangtua abah Mochtar ini dikenal dermawan dan suka beramal untuk menyisihkan sebagian hartanya dan diberikan kepada warga sekitar, dan ini berjalan terus hingga saat ini," ujar sahabat karib Mochtar ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.