Sukses

Keren, Toilet di Stasiun Cirebon Sekelas Hotel Bintang

Ruangan toilet Stasiun Cirebon bersih dan luas. Ada petugas yang selalu memantau kebersihan.

Liputan6.com, Cirebon - Musim mudik tengah berlangsung, perusahaan jasa transportasi pun terus berbenah untuk membuat para pemudik merasa aman dan nyaman.

Salah satunya yang dilakukan PT KAI Daops III Cirebon. Dalam memaksimalkan pelayanan saat mudik, KAI memaksimalkan fasilitas di area stasiun Kejaksan Cirebon, Jawa Barat. Perusahaan menyediakan fasilitas toilet sesuai standar hotel bintang 3.

Dari pengamatan Liputan6.com, di dalam toilet terdapat kamar pembuangan air sesuai kebutuhan. Mulai dari berkebutuhan khusus hingga model toilet jongkok pun tersedia.

"Sudah satu minggu ini kami menambahkan fasilitas baru di stasiun dalam menyambut pemudik di Cirebon," kata Kepala Humas Daop III Cirebon Eko S. Mulyanto di sela acara tes urine masinis dan kondektur kereta api, Jumat (1/7/2016).

Ruangan yang bersih dan luas, serta petugas yang selalu memantau kebersihan toilet menjadi perhatian Daops III Cirebon. Eko mengatakan, toilet yang bersih menjadi salah satu poin keberhasilan Daops III menyambut para pemudik maupun penumpang umum lainnya.

Selain menambah fasilitas toilet baru, dia menambahkan, pihaknya juga menyulap ruang tunggu menjadi lebih baik. "Ruang tunggu kami siapkan sofa, ac, dan nuansa Cirebon dengan dinding yang bermotif batik," tutur dia.

Toilet Stasiun Cirebon sekelas hotel bintang (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Daops III Cirebon juga menyiapkan posko kesehatan yang diberikan bagi para pemudik yang menggunakan kereta api. Untuk mendapat fasilitas pelayanan kesehatan gratis di stasiun Kejaksan Cirebon, penumpang cukup memberikan tiket resmi saja.

"Resep dan obat pun kami sediakan. Kecuali untuk beberapa penyakit yang berat dan membutuhkan rujukan kami hanya berikan surat rujukan," sambung dia.

Ia mengatakan, dalam mengawal kelancaran arus mudik, Daops III Cirebon juga memaksimalkan keamanan dengan bekerjasama TNI/Polri. Pihaknya juga menyiapkan petugas verifikasi tiket untuk membantu pengguna jasa kereta mendapatkan tiket resmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini