Sukses

40 Polisi Bermotor Jaga Contra Flow di Tol Jakarta-Cikampek

Contra flow arus mudik akan berlaku sepanjang 20 kilometer saat kemacetan melanda.

Liputan6.com, Purwakarta - Sebanyak 40 personel anggota polisi bermotor dari petugas patroli jalan raya (PJR) disiapkan untuk mengurai kemacetan di jalan Tol Jakarta - Cikampek selama Operasi Ramadniya 2016.

Keempat puluh anggota polisi yang biasanya menggunakan kendaraan roda empat itu, kini dibekali sepeda motor untuk mengamankan jalur mudik di sepanjang wilayah Karawang dan Cikampek, Jawa Barat.

Para polisi pemotor itu, mereka akan diterjunkan jika kemacetan parah terjadi di jalan Tol Jakarta - Cikampek. Itu juga dilakukan setelah polisi memberlakukan sistem contra flow.

"Kegunaan kendaraan yang kita bagikan tadi adalah untuk pengamanan jalur contra flow. Seperti kita ketahui bahwa untuk arus mudik di wilayah Poda Jawa Barat, akan melaksanakan contra flow," kata Kabag Ops Nal Ditlantas Jabar AKBP Arief Budiman, Jumat (1/7/2016), di Cikampek.

Polisi bermotor akan ditempatkan di setiap satu kilometer di jalur contra flow, agar bisa memperlancar para pengendara yang melintas di jalur yang mengalami kemacetan.

"Contra flow di Tol Jakarta - Cikampek ini, nanti dilakukan dari KM 41 sampai KM 61 atau sepanjang 20 kilometer, serta di wilayah Bekasi dari KM 14 hingga KM 41," ujar Arief.

Arief mengatakan, selain pada arus mudik, contra flow juga akan diberlakukan pada arus balik, terutama di simpul kemacetan sepanjang Tol Jakarta - Cikampek di Jalur Cikampek menuju Jakarta. Khususnya, di KM 68 sampai dengan KM 41.

"Sepanjang kurang lebih 27 kilometer. Sama akan kita lakukan pengamanan per kilometer ada dua personel dengan 54 kendaraan roda dua," kata Arief.

Arief memperkirakan puncak arus mudik di jalan Tol Jakarta - Cikampek terjadi pada Jumat malam nanti, seiring masuknya masa libur dan cuti nasional.

Buka Tutup Rest Area KM 57

Menginjak H-5 Hari Raya Idul Fitri, arus lalu lintas kendaraan pemudik kian ramai melintas di jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) di wilayah Karawang dan Cikampek Jawa Barat.

Tingginya volume kendaraan membuat arus mudik di Tol Jakarta - Cikampek mengalami kepadatan. Kendaraan yang didominasi mobil pribadi terus mengalir menuju ruas tol lain, yaitu Tol Cipularang, Tol Cipali, dan Tol Cikampek.

Dari pantauan Liputan6.com sejak pagi, lalu lintas sedikit tersendat di KM 57 di wilayah Dawuan Cikampek. Hal itu diakibatkan adanya tempat peristirahatan.

Untuk mengantisipasi kemacetan di titik tersebut, pihak Kepolisian dari Resor Karawang memberlakukan sistem buka tutup Rest Area. Hal itu guna meminimalisir penumpukan kendaraan di tempat peristirahatan dan berimbas terhadap lalu lintas di jalan tol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.