Sukses

Kini Ada Pramugari Khusus Lansia dan Ruangan Menyusui di Kereta

PT KAI telah menyediakan fasilitas untuk lansia, penyandang disabilitas, dan ibu menyusui di setiap gerbong kereta.

Liputan6.com, Bandung - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Dapo II menyediakan fasilitas khusus untuk penumpang lanjut usia (lansia), penyandang disabilitas, dan untuk ibu menyusui. Program ini diharapkan dapat memberikan pelayanan optimal kepada para calon penumpang.

Menurut Humas PT KAI Daop II Franoto Wibowo, jajarannya memang tidak menyediakan gerbong khusus untuk para calon penumpang yang berkebutuhan khusus. Namun PT KAI telah menyediakan fasilitas di setiap gerbong.

"Fasilitas untuk lansia, disbilitas, dan ibu menyusui sudah prioritas kami. Karena itu menjadi SPM (Standar Pelayanan Minimum)," kata Franoto di Bandung, Jabar, Jumat 1 Juli 2016.

Fasilitas yang diberikan di setiap gerbong, kata dia, akan tetap memberi kenyamanan para penumpang berkebutuhan khusus. Di antaranya pramugari atau pramugara yang mendampingi lansia dan penyandang disabilitas, serta menyediakan ruangan tertutup bagi ibu menyusui.

"Di setiap KA juga dilengkapi dengan kulkas yang bisa untuk menyimpan air susu ibu, jadi tidak usah repot-repot bolak-balik menyusui," ucap dia.

Franoto mengatakan, sebanyak 73 kereta api reguler akan beroperasi setiap hari. Tiga rangkaian kereta api tambahan juga telah disiapkan untuk mencukupi kebutuhan penumpang.

"Di masa angkutan Lebaran ini kami menyediakan 10 ribu tempat duduk untuk KA jarak menengah dan jarak jauh dengan tujuan Jawa Tengah, Jawa Timur, Cirebon, Jakarta. Dan 46 ribu tempat duduk untuk KA jarak pendek setiap harinya," jelas Franoto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini