Sukses

Mirip Lem, Makanan Ini Bikin Ketagihan Sampai Sakit Kepala

Kapurung namanya. Siapapun yang memakan makanan lokal ini dijamin ketagihan.

Liputan6.com, Makassar - Sulawesi juga memiliki makanan berbahan baku sagu. Kapurung namanya. Siapapun yang memakan penganan lokal ini dijamin ketagihan.

Cita rasa makanan khas warga Masamba di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan ini sulit dilupakan. Kapurung yang teksturnya mirip lem dipercaya mengandung candu.

Bahkan bisa bikin sakit kepala jika tak mengonsumsinya. Hidangan yang kaya kandungan air ini sangat nikmat dan lezat apalagi jika dicampur dengan lauk, seperti ayam, daging, ikan, dan udang.

"Sepintas makanan ini memang mirip lem. Tapi siapa sangka jika kapurung memberikan cita rasa yang sangat tinggi," kata warga Masamba, Muh. Rajab kepada Liputan6.com di Makassar, Sulsel, Jumat (1/7/2016).

"Dan karena cita rasa itu warga Masamba atau Luwu Raya menjadikan kapurung sebagai menu utama berbuka puasa hingga H-5 Lebaran. Sementara di luar Bulan Ramadan, kapurung seakan miliki zat candu yang jika tidak dikonsumsi, selera makan akan berkurang atau sakit kepala," sambung dia.

Yang menarik dari kapurung, kita tak perlu bersusah payah mengonsumsinya lantaran teksturnya yang kenyal dan kandungan air yang tinggi.

"Cukup langsung ditelan, maka sensasi rasanya akan menjalar memenuhi alat kecap kita. Karena kandungan airnya tinggi, maka sangat cocok dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Sebab kerja usus untuk mengolahnya lebih soft apalagi kapurung dikonsumsi dalam keadaan yang hangat" ucap Muh Rajab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini