Sukses

Dari Gua hingga Tebing, Jagoan-Jagoan Baru Wisata Jogja

Pemkab Sleman menargetkan kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi itu mencapai 315 ribu orang selama libur Lebaran 2016.

Liputan6.com, Sleman - Daerah Istimewa Yogyakarta telah menjadi tujuan liburan Lebaran 2016. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman AA Ayu Laksmidewi mengatakan kesempatan itu dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten Sleman dengan menyiapkan kawasan wisata menarik yang layak untuk dikunjungi wisatawan.

Beberapa tempat wisata yang sudah familiar di Sleman, DIY, adalah Kaliurang Tlogo Putri, Museum Ullen Sentalu, Gardu Pandang Kaliurang dan Taman Rekreasi Anak. Ada pula Museum Gunungapi Merapi (MGM), Museum Monjali, Candi Prambanan hingga Candi Ratu Boko yang menjadi salah satu latar dalam film AADC 2.

Di luar itu, kata Ayu, Sleman juga memiliki sederetan destinasi wisata baru yang mulai naik daun. Agrowisata Bhumi Merapi, misalnya, menawarkan konsep wisata edukatif dengan menghadirkan taman satwa seperti kambing, kelinci, ular, dan kura-kura. Selain itu, ada pula wisata alam susur Goa Panggolo dan susur Kali Kuning.

Berdasarkan laman bhumimerapi.com, Goa Panggolo memiliki panjang 350 meter dan berusia kurang lebih 200 tahun. Masyarakat setempat meyakini gua tersebut pengikut Pangeran Diponegoro, yakni Kyai dan Nyi Panggolo pada 1800. Pengunjung dapat menikmati situs itu dengan berjalan menyusuri dengan menggunakan headlamp.

Berikutnya adalah Sindu Kusuma Edupark yang menawarkan aneka permainan anak dan keluarga, serta Jogja Bay Water Park yang menawarkan aneka wahana permainan air. Ada lagi Taman Tebing Breksi yang hits di kalangan pencinta Instagram karena memiliki lanskap alam yang fotogenic.

Baca Juga

"Destinasi baru Taman Tebing Breksi juga menawarkan pesona alam yang menakjubkan yang berupa tebing alam dengan view lingkungan yang alami, desa wisata Grogol menawarkan river tubing, belajar membatik, belajar gamelan, menumbuk padi dan wisata edukasi reptil, dan desa wisata Tanjung menawarkan paket menginap dan pengalungan sapi dengan ketupat lebaran," tutur Ayu.

Taman Tebing Breksi. (www.instagram.com)

Dengan sejumlah jagoan wisata baru, Sleman menargetkan sekitar 315 ribu wisatawan berkunjung ke sana selama 2-10 Juli. Ayu mengatakan target tersebut disesuaikan berdasarkan tren kunjungan pada libur lebaran selama tiga tahun terakhir.

Ia berharap dengan banyaknya destinasi wisata di Sleman target tersebut dapat tercapai pada tahun ini. Sesuai data tahun 2013 wisatawan yang berkunjung saat libur lebaran tercatat sebanyak 145.718 selama sembilan hari. Sementara tahun 2014 sebanyak 239.971 wisatawan dalam kurun waktu sembilan hari dan pada tahun 2015 sebanyak 201.484 wisatawan dalam kurun waktu enam hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.