Sukses

Sambut Pemudik, Polres Cirebon Jamin Tak Ada Tilang

Kalaupun ada tilang, polisi Cirebon meminta agar masyarakat tidak menuliskannya di media sosial.

Liputan6.com, Cirebon - Polres Cirebon, Jawa Barat, menjamin tidak ada lagi operasi atau tilang kendaraan saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Padahal, Cirebon selama ini lekat dengan julukan Kota Tilang.

"Kami jamin pada arus mudik dan balik tidak ada operasi atau tilang di Cirebon," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon AKP Galih Raditiya di Cirebon, dilansir Antara, Rabu, 29 Juni 2016.

Namun, pihaknya mengimbau kepada masyarakat pengguna kendaraan roda dua maupun rode empat mematuhi ketentuan Undang-Undang Lalu Lintas.

Apabila masih melanggar dan pelanggaran itu membahayakan keselamatannya, seperti berboncengan tiga atau empat orang, polisi tetap akan menegur.

"Kalau yang membahayakan pasti kami tindak, semua demi keselamatan pengendara," tutur Galih.

Ia menambahkan para pengendara tidak puas dengan tindakan anggota polisi yang berjaga, dipersilakan melapor tanpa menyebutkan kontak pengaduan dimaksud.

"Jangan terus disebarluaskan melalui media sosial," kata Galih.

Pihaknya menjamin tidak ada operasi dan juga tilang ketika semua sesuai prosedur yang berlaku.

"Kalau ada yang keberatan ditilang dan merasa tidak bersalah, silakan tulis nama anggota yang menilang dan tempat tilang, nanti akan kami tindak," tambah dia.

Beberapa hari ini, ada kejadian yang menyudutkan pihak polisi Cirebon di mana para pemudik mengaku ditilang dan dimintai uang dalam jumlah cukup lumayan dan mereka lantas menulis status terkait penilangan itu di media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini