Sukses

Merah Putih Berkibar di Kerucut Monumen Jogja Kembali

Tak mudah untuk mengibarkan bendera itu di atas monumen tersebut.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bendera merah putih raksasa dikibarkan di puncak kerucut Monumen Jogja Kembali (Monjali) pagi tadi. Pengibaran merah putih ini dalam rangka memperingati peristiwa di mana Yogyakarta berhasil direbut dari tangan penjajah Belanda alias Hari Jogja Kembali.

Peristiwa 67 tahun silam itu berujung pada penarikan tentara Belanda. Pengibaran bendera berukuran 15x26 meter persegi seberat 20 kilogram ini dilakukan oleh Mahasiswa Pecinta Alam atau Mapala UPN Veteran Yogyakarta.

"Rencana ini terbilang dadakan karena persiapannya tidak sampai 24 jam," ujar koordinator tim Mapala UPN Veteran Yogya Engklik. Dengan menggunakan tali dan sejumlah peralatan panjat tebing lainnya, enam personel Mapala secara bergantian memanjat gunungan raksasa setinggi 31,8 meter itu.

Tak mudah untuk mengibarkan bendera itu di atas monumen tersebut. Apalagi puncak monumen berbentuk kerucut. Kondisi ini tentau berbeda dengan saat memanjat tebing.

"Kami sebagai pemuda mewarisi semangat juang tonggak sejarah Yogyakarta kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi dan menjadi bagian dalam NKRI," ucap Engklik.

Sebelumnya, selama 14 hari mereka membersihkan dinding kerucut Monjali. Kegiatan membersihkan kerucut, kata dia, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan secara berkala. Idealnya, membersihkan dinding kerucut dilaksanakan setiap 3 tahun sekali.

Kepala Bagian Umum Monjali Yudi Pranowo menuturkan, kegiatan ini menunjukkan masih ada pemuda yang peduli dengan sejarah dan berusaha memperingatinya.

"Ini baru pertama kali dilakukan dan dikibarkan satu hari," tutur Yudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.