Sukses

Bandara Yogyakarta Sediakan Golf Car Gratis untuk Lansia

Selain lansia, fasiltas ini dikhususkan bagi penumpang dengan barang bawaan yang banyak.

Liputan6.com, Yogyakarta - Menghadapi arus mudik Lebaran 2016, Bandara Adisutjipto Yogyakarta menyiapkan beberapa layanan. Salah satunya dengan penyediaan mobil golf atau golf car bagi penumpang lanjut usia (lansia).

General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengatakan, selain lansia, fasilitas ini dikhususkan bagi penumpang dengan barang bawaan yang banyak.

"Kita siapkan empat kendaraan golf car untuk mengangkut, terutama yang sepuh dan yang bawa bawaan banyak," tutur Pandu di Yogyakarta, Jumat 24 Juni 2016.

"Kami siapkan gratis untuk angkutan barang dari terminal A ke terminal B," sambung dia.

Selain itu, Pandu mengatakan, jajarannya juga sudah memindahkan area parkir di sebelah utara bandara. Dan agar arus kendaraan di area bandara tidak padat, para pengantar penumpang juga diatur.

"Beberapa tempat kami bongkar supaya lebih luas agar nyaman jadi ruang publik, kami perluas," ujar Pandu.

Otoritas Bandara Adisutjipto juga sudah merencanakan penambahan kursi ruang tunggu di terminal A. Saat ini kursi ruang tunggu di terminal A mencapai 800 kursi dan Terminal B mencapai 500 kursi.

"Di terminal hanya 800 seat di sini dan ini sudah menyiapkan tahun ini menambah ruang tunggu mencapai 1.000 seat, namun lebaran ini belum tercapai," tutur dia.

"Jadi kami manfaatkan dengan cara mengatur flow penerbangan kapan harus masuk ke ruangan dan keluar dari ruang tunggu. Itu antisipasi mengatur penumpang."

Pandu mengatakan, untuk terminal B relatif tidak terlau ramai seperti terminal A. Karena terminal itu untuk tujuan internasional. Walaupun begitu, untuk masa lebaran ini jumlah penumpang di terminal B juga naik satu persen.

"Rata-rata Singapura dan Kuala Lumpur. Peningkatan saat puncak diprediksi 23-24 ribu per hari," ucap Pandu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini