Sukses

Rawan Tanah Bergerak, 2 Stasiun Ini 'Dihantui' Longsor

Daop 6 membawahi 32 stasiun yang berada di Jawa Tengah dan DIY.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pengawasan rel kereta api di Stasiun Goprak, Kalangbancar, Geyer, Grobogan dan Stasiun Sentolo, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperketat. Hal ini karena titik itu dinilai rawan longsor.

"Kami menerjunkan tim pengawas yang terdiri dari 5 orang untuk mengawasi 24 jam," ujar Kepala PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6  Yogyakarta Hendy Helmy usai apel persiapan posko Lebaran di Stasiun Yogyakarta, Jumat (24/6/2016).

Daop 6 membawahi 32 stasiun yang berada di Jawa Tengah dan DIY. Dia menjelaskan, semua stasiun yang berada di bawah naungan Daop 6 Yogyakarta sebenarnya relatif aman dari longsor.

Hanya dua stasiun tersebut yang perlu mendapat perhatian. Alasannya, tanah di daerah tersebut bergerak.

Hendy memperkirakan, PT KAI Daop 6 Yogyakarta yang wilayahnya merupakan daerah tujuan  pemudik akan mengalami peningkatan volume penumpang sebesar 11% pada Lebaran tahun ini, dari 545.026 menjadi 605.517 penumpang.

Untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat pengguna kereta api pada Lebaran tahun ini, PT KAI Daop 6 Yogyakarta menyediakan 72 kereta api reguler. Dan 30 kereta api daop lain yang melewati wilayah Daop 6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini