Sukses

Jarang Terjadi, Bunga Rafflesia Kelopak 6 Mekar di Bengkulu

Bunga Rafflesia unik itu bisa dijangkau dengan 15 menit berjalan kaki dari jalan raya.

Liputan6.com, Bengkulu - Puspa langka Rafflesia arnoldii kembali mekar di Bengkulu. Kali ini, bunga cantik yang mekar di kawasan hutan lindung Bukit Daun itu memiliki enam kelopak.

Bunga Rafflesia itu memiliki lima kelopak berukuran besar dan satu kelopak berukuran lebih kecil. Jumlah kelopak itu terbilang langka dan unik karena bunga Rafflesia biasanya hanya memiliki empat atau lima kelopak saja.

Gilang Ibnu, salah seorang anggota Komunitas Pelestari Puspa Langka (KPPL) Bengkulu menyatakan, saat ini keenam kelopak Rafflesia sudah mulai mekar dan terbuka dari bonggol sejak dua hari lalu.

"Akan mekar sempurna dalam lima hari ke depan. Diameter maksimal diperkirakan mencapai 70 cm," ujar Ibnu saat dihubungi, Jumat (24/6/2016).

Posisi mekarnya Rafflesia berada di Hutan Lindung Bukit Daun. Tepatnya, di jalan lintas Bengkulu menuju Kabupaten Kepahiang di kilometer 48 dan hanya berjarak 15 meter saja dari jalan raya.

Salah seorang pecinta bunga Rafflesia, Angga Dwinka, mengatakan pihaknya berencana mendatangi lokasi bersama beberapa rekannya sambil menghabiskan waktu menunggu saat berbuka puasa.

"Kita akan ke sana sambil ngabuburit bersama beberapa rekan sesama pecinta Rafflesia," kata Angga.

Sementara itu, dilansir Antara, Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Sofian Ramadhan mengatakan bunga Rafflesia dengan enam kelopak jarang ditemukan.

Selain yang mekar di wilayah Bengkulu Tengah, komunitas tersebut mencatat bunga Rafflesia berkelopak enam pernah mekar di wilayah Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Kaur.

Sofian mengatakan habitat bunga Rafflesia antara lain ada di Hutan Lindung Bukit Daun (Bengkulu Tengah), Bengkulu Utara dan Kabupaten Kaur.

Jenis Rafflesia yang teridentifikasi di wilayah Bengkulu meliputi Rafflesia arnoldii, Rafflesia hasselti, Rafflesia bengkuluensis, dan Rafflesia gadutensis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.