Sukses

Mensos Khofifah Bagikan Santunan untuk Korban Longsor Purworejo

Setelah rapat koordinasi, Khofifah berangkat ke Purworejo melalui Yogyakarta dengan perjalanan darat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meninjau lokasi pengungsian korban bencana banjir dan tanah longsor di Purworejo, Jawa Tengah, pagi ini.

Setelah rapat koordinasi, Khofifah berangkat ke Purworejo melalui Yogyakarta dengan perjalanan darat, seperti dikutip dari Antara, Selasa (21/6/2016).

Dia menyerahkan Bantuan Santunan Kematian (BSK) kepada ahli waris korban meninggal dunia, sekaligus meninjau titik pengungsian dan lokasi longsor di Desa Kaligesing dan Desa Donorati. Dua titik itu merupakan salah satu lokasi terparah di mana pencarian korban tertimbun longsor masih berlangsung.

Jumlah korban tanah longsor dan banjir Purworejo, Jawa Tengah yang ditemukan dalam evakuasi hingga Senin 20 Juni 2016, yakni sebanyak tujuh jiwa. Kepala Basarnas kantor SAR Semarang Agus Haryono menyebutkan, salah satu korban tak teridentifikasi lantaran merupakan seorang tamu.

Identitas tujuh korban tersebut adalah Setyowati (14) yang ditemukan di Caok. Lalu korban yang ditemukan di daerah lain, yakni Syifa (14), Desti (8), Pandu (10), Misinah (35), Rendra (8), dan sang tamu Mr X.

Dia menambahkan, dengan temuan itu saat ini, total jumlah korban tanah longsor, baik yang meninggal maupun yang masih dalam pencarian di Purworejo mencapai 43 jiwa. Adapun yang menjadi kesulitan adalah kurangnya alat berat untuk menggali tanah dan alat penyemprot air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini