Sukses

Banjir dan Longsor, Jateng Belum Berstatus Darurat Bencana

Hingga hari ini Gubernur Ganjar Pranowo belum menetapkan Status Darurat Bencana karena ia masih akan mengevaluasinya hingga besok.

Liputan6.com, Semarang - Beberapa wilayah di Jawa Tengah, dilanda musibah banjir dan longsor. Meski demikian, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah belum menetapkan Status Darurat Bencana atas rangkaian musibah ini.

Banjir dan longsor di wilayah Jateng terjadi sejak Sabtu kemarin hingga Minggu ini. Daerah yang terkena banjir adalah Banyumas, Kebumen, Purworejo, Surakarta, Sukoharjo dan Karanganyar.

Sedangkan bencana longsor terjadi di Banjarnegara, Kebumen dan Purworejo. Bahkan, di Banjarnegara longsor menyebabkan sejumlah korban tewas tertimbun.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebutkan, hingga hari ini pihaknya belum menetapkan status darurat bencana. Namun, ia masih akan mengevaluasinya hingga esok.

"Jika banjir masih belum surut, besok status akan kami evaluasi lagi," ujar Ganjar di Solo, Minggu (19/6/2016).

Pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saat ini lebih memprioritaskan kegiatan evakuasi serta penanganan para pengungsi. Ganjar juga memastikan stok logistik yang dimiliki mampu untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi.

"Masih sangat cukup, bahkan masih bisa sisa. Jika memang kurang, bupati dan wali kota langsung koordinasi dengan kami (Pemprov Jawa Tengah)," Ganjar menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini