Sukses

Kapal Imigran Sri Lanka di Aceh Bakal Ditarik ke Tengah Laut

Kapal yang mengangkut 44 imigran itu akan ditarik menggunakan tug boat yang akan dikawal TNI Angkatan Laut (AL).

Liputan6.com, Aceh Besar - Kapal imigran etnis Tamil dari Negara Sri Lanka yang terdampar di Pantai Lhoknga, Aceh Besar, Aceh akan ditarik ke tengah laut. Namun, hal ini harus menunggu faktor cuaca.

"Mereka akan ditarik, ini menunggu air laut pasang," ujar Kapolda Aceh Inspektur Jenderal Husein Hamidi di Aceh Besar, Jumat (17/6/2016).

Kapal yang mengangkut 44 imigran itu akan ditarik menggunakan tug boat yang akan dikawal TNI Angkatan Laut (AL) menuju perairan internasional. "Akan kita jaga sampai perbatasan, keluar dari wilayah hukum Indonesia," tutur dia.

Penarikan itu dilakukan setelah otoritas memenuhi permintaan 7.000 liter solar, oli, makanan, minuman, air bersih, dan perbaikan kapal. Sementara itu, Gubernur Aceh Zaini Abdullah yang juga datang langsung memantau dan memberikan bantuan kepada imigran.

Zaini menyatakan, tetap tidak mengizinkan para imigran tersebut mendarat di daratan Aceh. Pemerintah Aceh, kata dia, hanya akan memberikan pertolongan dan bantuan.

"Yang penting kapalnya sudah diperbaiki, logistik sudah cukup, BBM (bahan bakar minyak) cukup," ujar Zaini Abdullah.

Kapal imigran tersebut terdampar di bibir Pantai Lhoknga, Aceh Besar selama sepekan. Selama terdampar, para imigran mendapatkan bantuan pengecekan kesehatan, makanan dan minuman, perbaikan mesin kapal, dan 7 ton BBM.

Pemerintah Aceh juga mendirikan dapur umum yang menyediakan kebutuhan makanan bagi imigran. Kemarin, enam imigran perempuan sempat loncat dari kapal. Mereka memprotes lambannya penanganan medis dan penyediaan terpal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini