Sukses

Kariya Star 3 Tenggelam, 11 Penumpang Ditemukan Selamat

Sebanyak 11 penumpang Kariya Star 3 berhasil dievakuasi pada Sabtu 10 Juni sekitar pukul 08.00 Wita.

Liputan6.com, Samarinda - Kapal jenis Landing Craft Tank (LCT) Kariya Star 3 yang tenggelam di wilayah Perairan Tanjung Mangkaliat, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, Kamis 9 Juni 2016. Tim pencari dan penyelamat (Search and Rescue/SAR) berhasil mengevakuasi 11 penumpang kapal tersebut hingga hari ini.

Kepala Seksi Operasional Badan SAR Nasional (Basarnas) Balikpapan, Mujiono, mengatakan sebanyak 11 penumpang Kariya Star 3 berhasil dievakuasi pada Sabtu 10 Juni sekitar pukul 08.00 Wita.

"Ke-11 orang tersebut sempat dinyatakan hilang sesaat setelah LCT Kariya Star 3 dilaporkan tenggelam di Perairan Tanjung Mangkaliat pada Kamis. Ke-11 orang itu berhasil ditemukan Sabtu pagi sekitar pukul 06.00 Wita oleh Tugboat 69 milik Berau Coal dan dievakuasi pukul 08.00 Wita," ujar Mujiono, Minggu (12/6/2016).

Menurut dia, 11 orang yang sempat dinyatakan hilang itu ditemukan dalam keadaan selamat.

"Mereka dalam kondisi selamat dan sehat. Hingga saat ini, ke-11 penumpang tersebut masih dalam proses evakuasi menuju Tanjung Redeb, Kabupaten Berau," kata Mujiono.

Cuaca Buruk

Dia menuturkan Kariya Star 3 tenggelam pada Kamis lalu. Ada satu faktor yang diyakini sebagai penyebab tenggelamnya kapal tersebut.

"LCT Kariya Star 3 itu tenggelam akibat cuaca buruk di wilayah perairan Tanjung Mangkaliat, Kabupaten Kutai Timur yang berbatasan dengan wilayah perairan Kabupaten Berau," ucap Mujiono.

Kantor SAR Balikpapan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Kabupaten Berau untuk menyiapkan tenda penginapan sementara bagi korban LCT.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pemkab Berau agar menyiapkan penginapan sementara kepada penumpang dan ABK yang berhasil dievakuasi tersebut," ujar Mujiono seperti dilansir Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.