Sukses

Fenomena Unik, Ikan Laut 'Naik' ke Pantai

Ikan-ikan berloncatan dari laut ke tepi pantai.

Liputan6.com, Surabaya - Jagat maya dihebohkan dengan kemunculan video warga memanen ikan di sebuah pantai. Ikan-ikan bergelimpangan dan berloncatan dari laut ke tepi pantai.

Kabarnya, peristiwa langka tersebut terjadi di pesisir pantai Banyuwangi, Jawa Timur. Dari anak-anak hingga orang dewasa larut dalam sukacita.

Mereka berlomba-lomba mengumpulkan ikan sebanyak-banyaknya. Ada yang membawa ember, baskom, bahkan hingga bak. Benda-benda itu digunakan sebagai wadah penampung ikan.

Salah satu menggunggah video tersebut adalah akun Instagram, Jogjahariini. "Panen ikan gara-gara gelombang pasang di Pantai Banyuwangi," tulis akun tersebut dalam keterangan videonya.

Namun lokasi pasti panen ikan tersebut masih belum bisa dipastikan. Awalnya diduga 'banjir ikan' tersebut terjadi di pantai Surabaya, Jatim. Namun hal ini dibantah oleh Kasubag Humas Pemkot Surabaya, Dayu.

Dia menyebut, kejadian tersebut terjadi di Banyuwangi. "Iya, itu menurut info dari teman," kata Dayu kepada Liputan6.com, Sabtu (11/6/2016).

Baca Juga

Sementara Kasubag Humas Pemkab Banyuwangi Rahmawati Setyoardinie membantah, kejadian tersebut terjadi di salah satu pantai di Banyuwangi.

"Video itu bukan di Banyuwangi, (tapi) di Pantai Thailand," tutur perempuan yang karib disapa Dini itu.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Azwar Anas belum bisa dihubungi untuk dikonfirmasi kebenaran kabar tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.