Sukses

Ganas tapi Sakit-sakitan, Harimau Liar Ini Pindah ke Taman Safari

Harimau sumatera bernama Giring itu didiagnosis mengidap penyakit parasit darah.

Liputan6.com, Bengkulu Selatan - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu memindahkan seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) korban konflik dengan manusia di wilayah Kabupaten Seluma ke Taman Safari di Cisarua Bogor, Jawa Barat.

Kepala BKSDA Bengkulu, Abu Bakar di Bengkulu mengatakan, pemindahan tersebut untuk menjamin keberlangsungan hidup harimau sumatera yang dievakuasi petugas BKSDA akibat menyerang petani karet di Seluma.

"Keputusan ini diambil setelah melalui pertimbangan panjang. Semuanya untuk keberlangsungan hidup harimau ini," ucap Abu di Bengkulu, seperti dilansir Antara, Senin (6/6/2016).

Ia mengatakan, pemindahan harimau jantan tersebut juga untuk mendapatkan pengobatan dari tim medis Taman Safari. Harimau bernama Giring itu didiagnosis mengidap penyakit parasit darah, sehingga membutuhkan perawatan khusus dari tim medis.

"Taman Safari memiliki klinik dan tenaga medis yang mumpuni untuk mengobati Giring, sehingga kami putuskan dibawa ke Bogor," ujar dia.

Menurut Abu, harimau Giring akan berada di Taman Safari hingga tuntas menjalani pengobatan. Untuk selanjutnya, masa depan satwa terancam punah itu akan dibahas kembali oleh pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Saat ini fokus pada pengobatan dulu, untuk selanjutnya apakah dikembalikan ke habitatnya akan menunggu keputusan kementerian," kata dia.

Giring dievakuasi dari wilayah Kabupaten Seluma setelah menyerang seorang petani karet hingga tewas pada Februari 2015. Selama setahun harimau jantan itu dikurung dalam kerangkeng yang diletakkan di belakang Kantor BKSDA Bengkulu.

Sebelum dibawa ke Taman Safari, harimau sumatera itu sempat dipindahkan ke kandang yang lebih luas di kawasan Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat di Kabupaten Bengkulu Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini