Sukses

Gempa Pesisir Sumbar Bikin Rumah di Bengkulu Rata dengan Tanah

Terpantau, 112 rumah di Kabupaten Mukomuko rusak akibat gempa Sumbar.

Liputan6.com, Bengkulu - Gempa Bumi berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) melanda pesisir selatan Sumatera Barat (Sumbar) pagi tadi. Lindu dengan kedalaman 72 km itu terasa sampai ke Mukomuko, Bengkulu. Terpantau, 112 rumah di Kabupaten Mukomuko rusak akibat gempa tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Ramdani, mengatakan, wilayah terparah yang terdampak ada di Kecamatan V Koto. Sebanyak 82 rumah mengalami kerusakan ringan hingga berat. Bahkan, ada beberapa rumah yang sudah rata dengan tanah.

BPBD juga mendata, 15 rumah di Kecamatan Lubuk Pinang, 5 rumah di Kecamatan XIV Koto, dan 10 rumah di Kecamatan Air Dikit turut rusak lantaran guncangan gempa.

"Kami masih melakukan inventarisasi kerusakan apakah masuk kategori rusak ringan, sedang, bahkan rusak berat," ujar Ramdani saat dihubungi di Mukomuko, Bengkulu, Kamis (2/6/2016).

Pihak BPBD saat ini masih menunggu laporan resmi kerusakan dari Kecamatan Air Manjunto. Kerusakan lain terjadi pada fasilitas umum, beberapa masjid di empat kecamatan mengalami rusak ringan hingga sedang.

Selain itu, Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mukomuko turut rusak. Beberapa plafon ruang perawatan runtuh kala gempa terjadi.

"Khusus di rumah sakit, sempat terjadi kepanikan, selain banyak plafon yang runtuh, aliran listrik yang dipadamkan membuat para pasien menjadi panik," ucap Ramdani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.