Sukses

Warga Mukomuko Sebar Informasi Berantai Gempa Pesisir Sumbar

BMKG menyatakan, gempa Bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter yang melanda pesisir selatan Sumatera Barat pagi tadi tak berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Bengkulu - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa Bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter yang melanda pesisir selatan Sumatera Barat pagi tadi tak berpotensi tsunami.

Namun, tak semua warga mengetahuinya. Mereka yang berada di pesisir pantai bisa keburu panik. Ketinggalan informasi ini pun dikeluhkan oleh warga.

Warga Bunga Tanjung Zulkarnain mengatakan, meskipun mereka berada di dataran tinggi, tetapi tetap saja butuh informasi tsunami yang dipantau oleh masyarakat pesisir Pasar Mukomuko.

Karena itu, mereka mengirimkan pesan berantai. Penyebaran informasi secara berantai dilakukan para kepala desa, camat, hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten.

"Saudara kami banyak yang tinggal di pesisir pantai, tentu saja informasi akurat sangat kami butuhkan," keluh Zulkarnain, saat dihubungi Kamis (2/6/2016).

Sementara, Kepala BPBD Kabupaten Mukomuko Ramdani mengatakan saat ini pihaknya sedang mendata terkait gempa yang berpusat di perairan Mentawai pada Kamis pagi tadi.

"Kami masih menunggu laporan terkait kerusakan akibat gempa tadi, hingga saat ini belum ada laporan baik itu dari masyarakat maupun laporan kerusakan fasilitas umum," ujar Ramdani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.