Sukses

Labuhan Ratu I Bakal Jadi Desa Ramah Anak

Pemerintah Kabupaten Lampung Timur rintis desa ramah anak untuk proyek percontohan.

Liputan6.com, Lampung Timur - Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menggagas pengembangan desa atau kampung ramah anak untuk mencegah terjadi kekerasan terhadap anak sekaligus memberikan perlindungan pada anak di kabupaten ini.

"Kami sudah sepakati membentuk kampung ramah anak sebagai hasil dari kesepakatan dengan Pemerintah Provinsi Lampung, Pemerintah Pusat, dan juga Komisi Perlindungan Anak Indonesia untuk mencanangkan desa ramah anak di salah satu desa Kabupaten Lampung Timur ini," ujar Bupati Chusnunia, di Lampung Timur, dilansir Antara, Rabu (1/6/2016).

Chusnunia mengatakan desa ramah anak tersebut dibentuk untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar mencegah terjadi kekerasan terhadap anak di Kabupaten Lampung Timur. Desa ramah anak itu nantinya akan menjadi percontohan bagi desa-desa di Kabupaten Lampung Timur agar memberikan perlindungan terhadap anak-anak di desa tersebut.

"Desa ramah anak ini mempunyai fokus pada kegiatan untuk mencapai target memberikan perlindungan terhadap anak yang nantinya akan menjadi proyek percontohan bagi desa-desa yang lainnya," kata dia.

Dia menyebutkan Desa Labuhan Ratu I akan ditunjuk sebagai desa yang ramah anak tersebut. Dia juga menyatakan harapannya agar Undang Undang Penghapusan Kekerasan Seksual yang telah masuk ke dalam Program Legislasi Nasional segera terbit.

Belum lama ini di Lampung Timur terjadi kasus pembunuhan bocah perempuan pelajar SD. Bocah nahas itu kedapatan dibunuh di tengah kebun, dan diduga sebelumnya menjadi korban tindak kejahatan seksual dari pelaku yang hingga kini belum tertangkap.

Sejumlah kasus kekerasan seksual pada anak terjadi pula pada beberapa tempat di kabupaten/kota lain di Provinsi Lampung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini