Sukses

Melongok Danau Sentarum di Lanjak Highland

Siapa bilang cuma Dallas, Texas, Amerika Serikat yang punya genting alias highland?

Liputan6.com, Lanjak - Siapa bilang cuma Dallas, Texas, Amerika Serikat yang punya genting alias highland? Indonesia juga punya.

Kalimantan Barat, tepatnya di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, juga punya highland. Namanya, Genting Lanjak yang berarti area paling tinggi di Lanjak. Tak kalah mempesona.

Area ini berada sekitar 1 km sebelum Lanjak. Lanjak Highland tersebut ditandai dengan dinding batu di salah satu tebing. Di tengah-tengah dinding berundak itu, ada anak tangga untuk menuju ke atas.

Masing-masing anak tangga memiliki ketinggian sekitar 40 cm. Anak tangga yang cukup besar dan melelahkan ketika Liputan6.com coba menitinya.

Jangan lupa untuk berhati-hati jika ke sana karena tebingnya curam. Anak tangganya juga hanya disemen, sehingga berlumut dan licin karena hujan. Maklum saja, curah hujan di Lanjak memang sedang tinggi-tingginya.

Setelah sampai di bagian atas, Anda akan menemui Tugu Restorasi. Tugu ini merupakan tanda Lanjak memegang teguh restorasi lingkungan. Baik dalam perilaku masyarakat, hukum, dan perekonomian.

Si Cantik Tak Terurus

Rupa tugu tersebut unik. Ada pilar yang menjulang tinggi sekitar 6 meter. Ada empat hiasan berbentuk orang tengah berjongkok menempel di tengah tugu.

Salah satu warga, Hermes mengatakan, tugu dan tempat ini dibangun oleh pemerintah daerah sebagai tempat untuk berekreasi warga.

Siapa bilang cuma Dallas, Texas, Amerika Serikat yang punya genting alias highland? (Rita Ayunigtyas/Liputan6.com)

Liputan6.com bisa melihat indahnya Danau Sentarum dari tempat tersebut. Danau kebanggaan dan pemberi nafkah kepada masyarakat di sejumlah desa di Kalimantan Barat.

Saat itu, ada 3 warga dan 10 wisatawan di sana. Salah satu dari mereka mengaku tengah beristirahat dari perjalanannya.

"Di sini kan enak, sejuk, bisa lihat danau. Ini sedang pasang danaunya. Bulan tujuh-delapan (Juli dan Agustus), baru kering itu danau. Sepeda motor bisa lewat situ," ujar dia.

Namun, tempat ini tidak terurus. Bau pesing menyengat di beberapa sudut. Meskipun, ada toilet di sana. Lumut juga menghiasi sejumlah sudut, termasuk di tugunya.

"Dulunya ada vila juga di sini. Tapi tidak terurus. Vilanya ada di paling atas," ucap Hermes.

Bagaimana, tertarik?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini