Sukses

Cegah Pemadaman, PLN Siap Pangkas Pohon Gratis

Pohon yang menghalangi kabel jaringan listrik disinyalir menjadi pemicu pemadaman.

Liputan6.com, Yogyakarta - Intensitas pemadaman listrik di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sebulan terakhir tinggi. Hampir setiap hari terjadi pemadaman di beberapa wilayah dalam hitungan menit sampai berjam-jam.

Banyaknya pohon yang menghalangi kabel jaringan listrik disinyalir menjadi penyebabnya. "Ditambah dengan cuaca tidak menentu yang disertai angin kencang kerap memicu kerusakan teknis jaringan," ujar Bambang Eko Haryono, Asisten Manajer Jaringan PT PLN Area Yogyakarta, Selasa, 31 Mei 2016.

Dia mengatakan kawasan yang paling rentan mengalami gangguan jaringan karena kabel terhalang pohon adalah di wilayah kota Yogya. Pasalnya, di area itu banyak taman kota untuk penghijauan. Selain itu, lahan di kota terbatas sehingga sulit melakukan pembebasan untuk kepentingan jaringan listrik.

Oleh karena itu, Bambang berharap warga dapat memiliki kesadaran untuk memangkas batang pohon yang menghalangi jaringan kabel listrik. Apabila warga tidak sanggup, dapat menghubungi PLN terdekat dan meminta bantuan secara cuma-cuma.

Dia menandaskan pemadaman listrik di Yogya terjadi bukan karena pasokan daya minim. Berdasarkan catatannya, konsumsi listrik di DIY baru 59% pada beban puncak, yakni mulai pukul 18.00-22.00 WIB atau sebesar 439,46 Megawatt.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini