Sukses

8 Negara Tetangga Ikut Ramaikan Festival Bunga Tomohon

360 ribu kuntum bunga sudah disiapkan untuk Festival Bunga Tomohon.

Liputan6.com, Manado - Tomohon of Flower (ToF) atau parade kendaraan hias dalam ajang Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) akan dilaksanakan pada 8 Agustus 2016. Sejumlah daerah termasuk delapan negara tetangga siap ikut menjadi peserta.

"Targetnya 30 peserta, kini sudah ada 25 daerah di Indonesia dan delapan negara luar yang ingin ikut berpartisipasi dalam ajang berskala internasional tersebut," kata Wakil Wali Kota Tomohon, Syerly A Sompotan, Selasa, 31 Mei 2016.

Syerly yang juga Ketua Panitia TIFF ini menyebutkan delapan negara tetangga itu antara lain Filipina, Malaysia, dan Singapura. Untuk tahun ini, panitia TIFF sengaja membatasi jumlah peserta mengingat waktu pelaksanaannya hanya setengah hari.

"Jika jumlah peserta melebihi 30 kendaraan hias, maka itu akan memakan waktu yang lama atau bisa sampai malam. Jadi jumlah pesertanya telah kami batasi," ujar Syerly.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw mengatakan Pemprov Sulut sangat mendukung kegiatan bertaraf internasional tersebut. Promosi terus dilakukan agar festival bunga itu bisa lebih dikenal secara internasional.

Salah satunya adalah dengan memperkenalkannya secara langsung ke sejumlah duta besar yang melakukan kunjungan kerja di kantor gubernur.

"Ada 12 dubes ASEAN yang datang ke Sulut dan menyusul pada tanggal 1 hingga 3 Juni, seluruh Dubes dari Eropa Timur akan juga datang ke daerah Sulut. Momen tepat promosikan TIFF," kata Steven.

Kepala Badan Penyuluh Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kota Tomohon, Janjte Ering mengatakan ketersediaan bunga pada TIFF sebanyak 360 ribu kuntum sudah disiapkan pemerintah melalui 40 kelompok tani bunga.

Bunga yang dipakai hanya jenis Krisan Kulo dan Riri serta Aster. Sementara bunga jenis merry gold tidak lagi digunakan.

"Sebagian besar kelompok tani ini berada di wilayah Tomohon Utara. Sengaja diambil bunga krisan dan aster karena nilai jual tinggi sehingga bisa membantu petani, selain itu karena bunga itu asli dari daerah Tomohon," jelas dia.

Jantje mengatakan jumlah bunga yang disiapkan dinilai sudah cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan di pawai dan  pameran dalam kegiatan TIFF 2016. Jika masih kurang, stok bunga akan tetap disediakan petani di luar kelompok tani yang sudah bekerja sama dengan Pemkot Tomohon.

"Ada petani lain yang menyediakan bunga dan itu akan dibeli jika kebutuhan bunga berkurang untuk kendaraan hias dan pameran," kata Jantje.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini