Sukses

Ini Makanan Penutup Favorit Rangga dan Cinta

Gara-gara film Ada Apa Dengan Cinta 2, penjualan makanan penutup favorit pemeran Rangga dan Cinta meningkat hampir dua kali lipat.

Liputan6.com, Yogyakarta - Dalam sebuah adegan film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC2), kamera menyorot pelang sebuah toko kue bernama Via Via Cafe. Di toko itu pula, tokoh Milly dan Karmen dari Geng Cinta membeli roti sebelum akhirnya melihat Rangga melintasi daerah itu.

Berkat film AADC2, toko yang berlokasi di Jalan Prawirotaman, Yogyakarta, tersebut semakin populer. Jumlah pengunjung meningkat signifikan yang dimulai sejak sehari setelah pemutaran perdana film tersebut sebulan lalu.  

Manajer Operasional Via Via Cafe, Romdiyatmi, mengatakan jumlah pengunjung meningkat mencapai lebih dari 40 persen setelah film AADC 2 dirilis. "Kebanyakan juga pengunjung domestik, anak-anak muda," ujar Romdiyatmi saat ditemui Liputan6.com, Minggu, 29 Mei 2016.

Via Via Cafe yang berlokasi di selatan Yogya biasanya didominasi wisatawan mancanegara. Kafe yang berdiri sejak 1995 ini lebih dikenal para turis asing. Namun kini, para pengunjung domestik mulai banyak berdatangan.

Sebelum film AADC 2 diputar, pengunjung Via Via Cafe berkisar 200 orang per hari. Jumlahnya terus bertambah. "Saat ini mencapai 300 sampai 350 orang per hari," tutur dia.

Romdiyatmi mengungkapkan, ada dua menu dessert atau makanan penutup yang paling laris setelah fenomena AADC 2 melanda. Hal itu disebabkan kedua menu itu paling disukai Dian Sastro dan Nicholas Saputra, sang pemeran Cinta dan Rangga.

"Favorit Rangga namanya Yoghurt Cheese Cake dan favorit Cinta namanya Flour Less and Gluten Free Chocolate," ucap dia.

Yoghurt Cheese Cake memiliki perpaduan rasa asam dan gurih, sementara Gluten Free Chocolate lebih manis dan padat walau rasa manisnya tidak terlalu pekat.

Ia menjelaskan dalam sehari permintaan kedua dessert yang dipatok harga Rp 25 ribuan per potong itu mencapai lima log. Meningkat hampir dua kali lipat dari sebelum perilisan film yang hanya sekitar tiga log.

Satu log kue itu setara sekitar 10-12 potong kue, sehingga toko tersebut diperkirakan bisa menjual 50-60 potong kue sehari.

Napak Tilas AADC2

Liputan6.com turut dalam open trip Ada Apa Dengan Cinta (AADC2) oleh Jakarta Food Adventure pada Minggu 29 Mei. Sebanyak 20 peserta dari Jabodetabek dan Bandung melakukan perjalanan satu hari mengunjungi tempat-tempat yang terdapat dalam adegan film AADC2.

Peserta membayar Rp390.000 dan dapat mengunjungi Via Via Cafe Jalan Prawirotaman, Punthuk Setumbu, Candi Ratu Boko, Klinik Kopi, dan Sate Pak Bari. Pihak penyelenggara juga memberikan kejutan satu spot tambahan yakni Sellie Coffee. Di tempat tersebut ada adegan fenomenal, Cinta menuding Rangga jahat.

Kray S. Asa (38) salah satu peserta open trip dari Jakarta mengaku sengaja ambil cuti kerja satu hari untuk mengikuti napak tilas AADC2.

"Harapannya sih sesuai dengan rundown, tapi ya namanya trip pasti ada dinamika sendiri," ucapnya.

Karyawati swasta yang terakhir kali datang ke Yogya pada 2008 ini sebenarnya ingin menyelenggarakan trip AADC2 sendiri. Hanya saja, ia belum paham benar rutenya sehingga perlu mengikuti trip lain lebih dulu.

Kray mengaku sangat tergila-gila dengan film AADC2 yang menyuguhkan aneka spot wisata di Yogya. "Kebetulan saya suka traveling jadi film ini mendukung hobi traveling," kata perempuan yang bekerja sebagai karyawan swasta ini.

Salah satu pendiri Jakarta Food Adventure Ira Lathief mengatakan pihaknya memang konsisten mengagendakan perjalanan jelajah kuliner dan budaya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini