Sukses

Yuk, Ikut Pesta Makan Telur Ikan Terbang di Pulau Sanrobengi

Telur ikan terbang yang biasa disajikan pada makanan sushi itu kaya akan protein, vitamin, omega 3 dan 6.

Liputan6.com, Makassar - Pesona Pulau Sanrobengi di Desa Boddia, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan kembali bakal menyedot perhatian para petualang. Pulau yang terkenal dengan pasir putih dan pesona bawah laut yang mengagumkan itu akan menggelar Festival Pulau Sanrobengi.

Festival yang digelar untuk ketiga kalinya ini akan diselenggarakan mulai hari ini, Jumat (27/5/2016) hingga Minggu 29 Mei 2016 atau mundur sepekan dari rencana semula. Salah satu agenda puncak adalah pesta makan telur ikan terbang demi memecahkan rekor MURI.

Sajian utamanya tentu saja telur ikan terbang yang sering dijumpai pada makanan sushi. Telur ikan ini terkenal bergizi tinggi karena mengandung protein, vitamin, omega 3 dan 6.

"Beberapa kegiatan menarik juga akan digelar dengan melibatkan masyarakat umum, seperti lomba perahu (Jolloro'), tarik tambang perahu, menghias perahu, fotografi, angngaru, memancing, layang-layang tradisional, tari kreasi, tunrung pakanjara, atraksi drum band, dan pemilihan duta wisata," ucap Bupati Takalar Burhanuddin saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (27/5/2016).

Bur, biasa ia dipanggil, menyebutkan selama kegiatan berlangsung pengunjung festival Pulau Sanrobengi bakal dimanjakan juga dengan atraksi dan hiburan ritual keselamatan pelaut Takalar atau Patorani. Ada pula pementasan tari paraga, tari pepe’ka Rimakka, pesta kembang api, dan atraksi demo paramotor.

Sementara itu Kepala Bidang Promosi Disbudpar Sulsel Devo Khadafi menjelaskan, Festival Pulau Sanrobengi adalah agenda tahunan promosi wisata unggulan kabupaten Takalar.

"Tujuan dari festival pesona Pulau Sanrobengi hanya sebagai upaya mengenalkan tujuan wisata baru di Sulawesi Selatan. Selain ada unsur pemberdayaan masyarakat lokal, mereka juga diajak melestarikan kebudayaan masyarakat pesisir Kabupaten Takalar sebagai komoditas pariwisata untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lokal," kata Devo.

Menurut Devo, Pulau Sanrobengi adalah pulau kecil nan alami yang menawarkan berbagai akvititas liburan yang tidak kalah dengan tempat wisata pesisir lainnya di Tanah Air. Untuk menuju Pulau Sanrobengi, Anda bisa berangkat dari Kota Makassar menuju Kabupaten Takalar dan melanjutkan perjalanan ke Dermaga Boddia.

Dari situ, Anda bisa menumpang perahu sekitar 15-20 menit dengan ongkos pulang-pergi sekitar Rp 150-200 ribu.

"Siapa saja dapat merasakan berenang, menyelam, berjemur, memancing, membakar ikan segar dan kegiatan outbound lainnya," ucap Devo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini