Sukses

Modus Jadul Masih Andalan Tahanan Kabur dari Penjara

Modus konvensional masih sukses dipraktekkan tahanan untuk kabur dari penjara.

Liputan6.com, Pekanbaru - Beragam cara ditempuh para tahanan kabur dari penjara. Salah satu cara sukses dipraktekkan enam tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau berusaha kabur, mereka menjebol atap.

Aksi kabur ini pada Selasa pagi 24 Mei 2016. Dari enam tahanan, empat di antaranya berhasil lolos.

Kepala Rutan Rengat Abdul Aziz mengatakan pihaknya langsung berkoordinasi dengan Polres Indragiri Hulu untuk menangkap empat pelaku.

Dia menyebutkan, tahanan yang berhasil kabur adalah Haris Gule (tahanan pencurian), Mareti Laola (tahanan kasus pencabulan), Deni Setiawan (perkara pencurian), dan Ali Imran (tahanan perjudian).

"Sementara yang tidak kabur setelah ditangkap petugas adalah Rusli bin Yahya (tahanan narkoba) dan Harianto (tahanan narkoba)," kata Azis di Pekanbaru, Rabu (25/5/2016).

Dari informasi yang dihimpun, enam tahanan ini mencoba kabur setelah merusak plafon kamar mandi, kemudian satu persatu memanjat atap menuju dan langsung menuju pagar.

Di pagar, satu persatu tahanan ini memanjat. Namun hal ini diketahui petugas Rutan dan langsung menuju ke pagar bagian luar untuk menangkap para pelaku.

Dua tahanan berhasil ditangkap petugas dan langsung mengembalikannya ke sel masing-masing. Sementara empat tahanan lainnya yang berhasil kabur masih dikejar petugas.

Sementara itu, Kapolres Indragiri Hulu AKBP Ahmad Basuni mengatakan anggotanya bersama petugas Rutan masih mencari keberadaan empat tahanan lainnya.

Pria yang disapa Abas ini menyebut tahanan itu merupakan penghuni Blok 5B. Empat di antaranya kabur setelah memanjat tembok setinggi 1,5 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.