Sukses

Dengan Aplikasi Ini Warga Bisa Adukan Layanan Publik Buruk

Aplikasi layanan publik Makassar dikembangkan siswa SMA.

Liputan6.com, Makassar - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengajak 1,7 juta jiwa warganya untuk membantu pengawasan kinerja layanan publik. Warga diminta melaporkan kinerja aparaturnya mulai dari camat, kepala badan, kepala dinas lingkup Pemkot Makassar, Sulawesi Selatan.

Kendati tak bertatap muka, siapa saja bahkan warga luar kota Makassar dapat secara langsung mengadukankinerja layanan publik melalui ponsel pintar. Caranya mudah, pemilik ponsel pintar hanya mengunduh aplikasi Sombere Danny untuk Rakyatta' atau Sodarata' melalui playstore dan masuk melalui akun Facebook atau e-mail masing-masing.

Kepala Bagian Humas Pemkot Makassar Firman Pagarra mengatakan, aplikasi Sodarata' sengaja dirancang untuk kemudahan pengaduan warga berbasis e-digital. Ini dalam rangka peningkatan mutu Smart City agar bermanfaat untuk semua pihak dalam mewujudkan Makassar dua kali tambah baik.

Sebelumnya, aplikasi Sombere Danny Untuk Rakyatta’ adalah sebuahkarya Muhammad Fiqry Ananta, siswa SMA Negeri 11 Makassar. Oleh Pemkot Makassar, aplikasi itu telah resmi diluncurkan untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aduan maupun segala bentuk aspirasi langsung ke satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.

"Kami dapat mengetahui aduan masyarakat secara langsung, dan aplikasi itu juga langsung dapat diketahui oleh Walikota Makassar melalui smartphone," kata Firman kepada Liputan6.com, Selasa 24 Mei 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.