Sukses

Wali Kota Muslim Pertama AS Kaget Lihat Purwakarta, Ada Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menerima kunjungan Mayor of South Windsor, negara bagian Connecticut, Amerika Serikat, Saud Anwar, hari ini. Pejabat setingkat bupati/wali kota ini diterima oleh Dedi secara informal di rumah dinasnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu mereka berdua bertukar pikiran melalui diskusi tentang aneka kebijakan yang sudah diterapkan di daerahnya masing-masing.

Wali kota muslim pertama di Amerika itu kemudian diajak berkeliling Taman Pancawarna dan Maya Datar oleh Dedi. Saud memuji tata pembangunan yang telah sukses diterapkan di kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat ini.

Saud menilai taman di Purwakarta sudah berkelas dunia. Dia juga mengapresiasi keramahan masyarakat yang selalu menebar senyum saat dia berkeliling Taman Pancawarna dan Taman Maya Datar.

"Wali kota Saud kaget kok Purwakarta bisa membangun taman, rumah sakit, dan fasilitas publik lain, padahal anggarannya minim," kata Dedi kepada Liputan6.com via telepon, Minggu (22/5/2016).

South Windsor dengan jumlah penduduk sekitar 400 ribu jiwa yang 100 di antaranya beragama Islam memiliki anggaran sekitar Rp 14 triliun. Sedangkan Kabupaten Purwakarta dengan jumlah penduduk sekitar satu juta jiwa memiliki anggaran Rp 2 triliun.

Soal optimalisasi anggaran yang mepet tersebut, Dedi mengungkapkan pada Saud bahwa yang diterapkannya adalah strategi anggaran dengan hati. "Anggaran dengan hati itu tidak ada sekolahnya," kata Dedi sambil tertawa.

Soal anggaran dengan hati itu, Dedi mengaku belajar dari ibundanya. "Bapak bukan orang kaya, ibu relawan, tapi sembilan anaknya sarjana semua. Setelah saya pelajari, ternyata karena menerapkan manajemen anggaran dengan hati. Itulah yang saya tiru," jelas dia.

Kedatangan Saud ke Purwakarta, sendiri terkait World Village Conference yang akan diikuti oleh perwakilan 23 negara bertempat di Kampung Tajur, Kecamatan Bojong, Purwakarta.

"Mr Saud ke Purwakarta membawa banyak kawan. Kami mengadakan konferensi tingkat dunia di Kampung Tajur mulai besok sampai tanggal 26 Mei 2016," kata Dedi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini